Pengembangan kartu pintar QR code untuk meningkatkan bahasa lisan anak tunagrahita ringan di SLB C Autis Negeri Kedungkandang / Baiq Juni Khaerunnisa\'</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan kartu pintar QR code untuk meningkatkan bahasa lisan anak tunagrahita ringan di SLB C Autis Negeri Kedungkandang / Baiq Juni Khaerunnisa\'</p>

Khaerunnisa', Baiq Juni (2023) Pengembangan kartu pintar QR code untuk meningkatkan bahasa lisan anak tunagrahita ringan di SLB C Autis Negeri Kedungkandang / Baiq Juni Khaerunnisa\'</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Siswa tunagrahita mengalami kesulitan dalam berpikir abstrak memusatkan perhatian dan jangka ingatan pendek. Berdasarkan studi pendahuluan di SLB C Autis Negeri Kedungkandang mereka mengalami kesulitan berbahasa lisan serta belum tersedia media pembelajaran yang variatif. Melihat karakteristik siswa tunagrahita pemilihan media yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan mereka akan menunjang tercapainya tujuan pembelajaran. Media audio - visual dapat memberikan stimulus dan menarik minat siswa dalam belajar. Dalam penelitian ini mengembangkan kartu pintar QR code dengan metode penganalogian benda dan aktivitas di sekolah serta di rumah. Tujuan pengembangan secara umum yaitu menghasilkan media kartu pintar QR code dengan metode penganalogian benda dan aktivitas di sekolah serta di rumah berupa kartu bergambar yang valid dimanfaatkan bagi siswa tunagrahita kelas 2 dalam pengenalan dan melafalkan kosakata untuk meningkatkan bahasa lisan anak tunagrahita di SLB C Autis Negeri Kedungkandang. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Dick Carey amp Carey tahapan pengembangan yaitu 1) menganalisis kebutuhan untuk mengidentifikasi tujuan (2) menganalisis pembelajaran (3) menganalisis pembelajar dan konteks pembelajaran (4) menuliskan tujuan performansi (5) mengembangkan instrumen penilaian (6) mengembangkan strategi pembelajaran (7) mengembangkan bahan ajar (8) merancang dan melaksanakan evaluasi formatif (9) merevisi pembelajaran (10) mengembangkan evaluasi sumatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara observasi angket tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kartu pintar QR code dengan penganalogian benda dan aktivitas di sekolah serta di rumah sangat valid digunakan. Hasil dari validator ahli materi diperoleh skor senilai 97% 95% dan 80% hasil validasi dari ahli media diperoleh skor senilai 97% 93% dan 99% dan hasil validasi dari praktisi memperoleh skor senilai 92% dan 96%. Skor akhir dari masing-masing diperoleh hasil 93% (sangat layak). Nilai Gain-Score pada penelitian ini memperoleh kenaikan pada siswa A sebesar 40% sedangkan siswa B 20%. Saran dari penelitian ini adalah (1) Kartu Pintar QR Code diharapkan lebih variatif sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan (2) Untuk subjek penelitian diharapkan lebih luas lagi tidak hanya di SLB C Autis Negeri Kedungkandang tetapi untuk semua ABK dan sekolah lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Apr 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/284408

Actions (login required)

View Item View Item