Identifikasi pendampingan orang tua pada pembelajaran di Rumah dalam kemampuan calistung siswa tunagrahita ringan Kelas v SDLB BC Kepanjen / Faizzuddin Rabbani</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi pendampingan orang tua pada pembelajaran di Rumah dalam kemampuan calistung siswa tunagrahita ringan Kelas v SDLB BC Kepanjen / Faizzuddin Rabbani</p>

Rabbani, Faizzuddin (2023) Identifikasi pendampingan orang tua pada pembelajaran di Rumah dalam kemampuan calistung siswa tunagrahita ringan Kelas v SDLB BC Kepanjen / Faizzuddin Rabbani</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tunagrahita merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut anak yang mempunyai kemampuan intelektual dan kognitif yang rendah dibawah rata-rata kemampuan anak-anak pada umumnya. Tunagrahita ringan adalah anak yang memiliki tingkat kecerdasan IQ berkisaran 50-70. Dengan tingkat kecerdasan yang dimiliki anak tunagrahita mengalami kesulitan dalam memahami pembelajaran termasuk dalam pembelajaran calistung. Anak tungrahita memerlukan pendidikan khusus untuk dapat menyesuaikan kemampuan yang dimiliki. Untuk mencapai hasil belajar yang optimal maka peran orang tua di rumah dalam pendampingan sangatlah penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendampingan dan metode-metode belajar yang dilakukan orang tua dalam belajar di rumah dapat mempengaruhi kemampuan membaca menulis dan berhitung anak tunagrahita ringan kelas V. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari sembilan orang yaitu tiga orang tua siswa tiga guru dan tiga siswa tunagrahita ringan kelas V SDLB BC Kepanjen. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Langkah-langkah analisis data dilakukan dengan reduksi data menjabarkan dan menyusun data secara sistematis sehingga kemudian dapat ditarik sebuah kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Implikasi hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan calistung anak tunagrahita selama pembelajaran di rumah masih kurang maksimal karena orang tua belum berperan aktif dalam memberikan pendampingan. Semangat anak dalam belajar baru muncul ketika mendapatkan bimbingan atau dampingan oleh guru atau orang tua dalam penyelesaian soal yang diberikan. Keterlibatan orang tua dalam pembelajaran di rumah dapat meningkatkan rasa percaya diri dan prestasi anak. Saran yang diberikan dalam penelitian ini kepada guru untuk menjalin kerjasama dengan orang tua dalam kegiatan pendampingan pembelajaran dan orang tua agar terus memperbanyak informasi terkait peran orang tua dalam pendampingan belajar di rumah. Orang tua harus menggunakan tiga metode pendampingan yaitu belajar sambil bermain demontrasi dan menggunakan benda yang menarik atau konkrtit. Penerapan metode ini merupakan bentuk peranan orang tua sebagi edukator motivator dan fasilitator.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 May 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/284405

Actions (login required)

View Item View Item