Penggunaan media permainan ular tangga untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak tunagrahita sedang / Tania Izzatunnisa</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media permainan ular tangga untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak tunagrahita sedang / Tania Izzatunnisa</p>

Izzatunnisa, Tania (2023) Penggunaan media permainan ular tangga untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak tunagrahita sedang / Tania Izzatunnisa</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tunagrahita sedang merupakan anak dengan hambatan intelektual yang cenderung sulit diajarkan keterampilan dalam bidang akademik seperti membaca menulis dan berhitung. Mereka kesulitan dalam berpikir abstrak sehingga dalam pembelajarannya dibutuhkan penggunaan media yang dapat menunjang pembelajarannya. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan siswa tunagrahita pada kondisi baseline-1 sebelum diberikan intervensi 2) untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan siswa tunagrahita pada kondisi intervensi 3) untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan siswa tunagrahita pada kondisi baseline-2 setelah diberikan intervensi 4) untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa tunagrahita melalui penggunaan permainan ular tangga Penelitian ini menggunakan desain subjek tunggal atau Single Subject Research (SSR) dengan model A-B-A. Instrumen yang digunakan berupa tes. Teknik pengumpulan data dengan instrumen tes dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan terhadap kemampuan membaca permulaan subjek dengan skor rata-rata pada baseline-1 sebesar 51 6% pada intervensi sebesar 80 9% dan pada baseline-2 sebesar 90 76%. Presentase overlap sebesar 0% menunjukkan bahwa intervensi menggunakan permainan ular tangga memberikan peningkatan terhadap kemampuan membaca permulaan subjek. Saran bagi guru pendidik dapat menggunakan media berbasis permainan dalam pembelajaran contohnya melakukan modifikasi terhadap permainan ular tangga sesuai dengan kebutuhan siswa. Penggunaan media pembelajaran berbasis permainan dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sehingga siswa dapat termotivasi dalam belajar dan pada akhirnya berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Apr 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/284400

Actions (login required)

View Item View Item