Aprilia, Annisa Dewi (2022) Pengaruh penggunaan media balok angka terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan 1-9 pada siswa tunagrahita kelas III di SLB Autisme River Kids Malang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tunagrahita merupakan individu yang mengalami hambatan dalam perkembangan mental dan intelektualnya. Peserta didik tunagrahita yang tergolong mampu didik biasa diklasifikasikan ke dalam tunagrahita ringan. Siswa tunagrahita ringan pada SLB Autisme River Kids Malang mempunyai kemampuan yang masih kurang untuk mengenali bilangan tetapi untuk melafalkan mereka cukup mampu untuk melafalkan bilangan 1-9 secara urut. Penelitian ini ditujukan untuk melihat kemampuan mengenal lambang bilangan 1-9 sebelum maupun sesudah pemberian intervensi serta mendeskripsikan pengaruhnya penggunaan media balok angka untuk kemampuan mengenal lambang bilangan siswa tunagrahita kelas III di SLB Autisme River Kids Malang. Metode yang diterapkan yakni Single Subject Research (SSR) melalui desain A-B-A rsquo . Kemudian untuk subjek yang peneliti pilih yakni satu siswa yang berkebutuhan khusus tunagrahita berinisial GA berjenis kelamin perempuan kelas III SDLB di SLB Autisme River Kids Malang. Instrumen yang dipergunakan adalah instrument tes kemampuan mengenal lambang bilangan dengan menggunakan lembar penilaian berupa skor 1 bila menjawab benar serta 0 bila salah. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapatnya pengaruh dari peningkatan penggunaan media balok angka dalam kemampuan mengenal lambang bilangan pada fase kondisi intervensi (B) serta baseline 2 (A2). Kondisi baseline 1 (A1) memperoleh rata-rata skor 63.3% yang tergolong dalam tingkat kemampuan yang rendah sedangkan kondisi baseline 2 (A2) memperoleh skor rata-rata sebesar 86.7% termasuk dalam tingkat kemampuan mengenal lambang bilangan yang cukup tinggi. Data overlap menunjukkan hasil 0% yang artinya media balok angka memiliki pengaruuh terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan siswa tunagrahita kelas III di SLB Autisme River Kids Malang. Saran pada peneliti selanjutnya yaitu mampu untuk mengembangkan penelitian ini dengan variable yang berbeda guna memperoleh hasil yang bervariatif dan lebih baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Apr 2022 04:29 |
Last Modified: | 16 Aug 2023 07:56 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/284399 |
Actions (login required)
View Item |