Peran guru pada pengelolaan kelas peserta didik berkebutuhan khusus di sekolah inklusif Indonesia-Malaysia / Zelynda Zeinab Malizal</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran guru pada pengelolaan kelas peserta didik berkebutuhan khusus di sekolah inklusif Indonesia-Malaysia / Zelynda Zeinab Malizal</p>

Malizal, Zelynda Zeinab (2023) Peran guru pada pengelolaan kelas peserta didik berkebutuhan khusus di sekolah inklusif Indonesia-Malaysia / Zelynda Zeinab Malizal</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Malizal Zelynda. 2023. Peran Guru pada Pengelolaan Kelas Peserta Didik Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusif Indonesia-Malaysia. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Ediyanto S.Pd. M.Pd. Ph.D (II) Rizqi Fajar Pradipta S.Pd M.Pd. Kata Kunci pengelolaan peserta didik peran guru inklusif. Konsep Education for All merupakan kunci pentingnya pendidikan bagi siapapun. Begitu pula dengan anak berkebutuhan khusus mereka memilki hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan. Anak berkebutuhan khusus ini lahir dengan karakteristik yang berbeda dari anak pada umumnya namun hal ini tidak dapat dijadikan hambatan bagi mereka dalam mendapatkan pendidikan. Daya dukung dunia melalui UNESCO ldquo Pendidikan Inklusif rdquo inilah yang dijadikan suatu peristilahan bagi pendidikan untuk anak yang berkebutuhan khusus. Dengan adanya keterbatasan yang dimiliki oleh anak yang berkebutuhan khusus ini maka yang harus dilakukan oleh pemerintah adalah mendesign metode yang akan diberikan pada mereka. Keberhasilan metode pengelolaan kelas bagi anak yang berkebutuhan khusus ini bertumpu pada kepiawaian guru dalam memainkan perannya sebagai pendidik. Penelitian ini bertujuan dalam mendeskripsikan mengenai peran guru pada pengelolaan kelas untuk peserta didik berkebutuhan khusus di sekolah inklusif. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis pendekatan berupa studi kasus. Teknik yang digunakan pada pengumpulan data adalah melalui wawancara obsertvasi dan juga dokumentasi. Langkah-langkah yang dilakukan dalam analisis data meliputi pengumpulan data pengelompokkan data penyajian data serta penarikan kesimpulan. Teknik yang digunakan dalam pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masing-masing guru memiliki metode nya masing-masing dalam perannya untuk mengelola kelas bagi peserta didik berkebutuhan khsusu di sekolah inkluisf terlepas dari adanya perbedaan metode yang digunakan oleh guru tiap guru tetap memiliki tujuan yang sama adalah tercapainya tujuan dari pembelajaran itu sendiri. Saran dalam penelitian ini diperuntukkan kepada (1) guru agar guru diharapkan untuk dapat melakukan evaluasi bersama mengenai pengelolaan kelas (2) warga sekolah diharapkan adanya kolaborasi antara guru dan warga sekolah dalam penerimaan peserta didik berkebutuhan khusus di kelas inklusif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 May 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/284397

Actions (login required)

View Item View Item