Pertiwi, Ain Fitria Galuh Pertiwi (2023) Analisis keefektifan bonding dengan metode terapi aba terhadap motivasi belajar siswa autis di omah terapi autis / Ain Fitria Galuh Pertiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Sebagai makhluk yang memiliki kebutuhan untuk bersosial maka sangat bertentangan terhadap karakteristik yang dimiliki oleh penyandang autis. Kelainan perkembangan yang dialami oleh penyandang autis menyebabkan adanya gangguan pada diri mereka yang meliputi berperilaku aspek interaksi sosial dan komunikasi. Dampaknya adalah pada penurunan rasa percaya diri terhadap lingkungan sekitar. Padahal berkomunikasi dan bersosialisasi merupakan sebuah proses yang terjadi dalam pembelajaran. Maka dari itu diperlukan adanya pendekatan yang disesuaikan dengan kebutuhan penyandang autis yaitu melalui penanganan one on one melalui pendekatan bonding. Bonding adalah sebuah ikatan emosional yang terjalin antara individu dengan inividu dengan individu lainnya yang terjalin melalui adanya sebuah interaksi yang dibangun dalam situasi dan kondisi tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis keefektifan bonding dengan metode terapi ABA terhadap motivasi belajar siswa autis di omah terapi autis. Tingkat keefektifan bonding dalam penelitian ini fokus berdasarkan penerapan metode terapi ABA yang diaplikasikan dalam lingkungan omah terapi autis. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Pengambilan data dilakukan dengan melakukan wawancara mendalam (in-deepth interview) terhadap para informan yang meliputi terapis dan tenaga kerja di lingkungan omah terapi autis observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bonding yang dibangun antara terapis dengan siswa autis mampu mempengaruhi penciptaan rasa percaya dalam diri siswa. Peran terapis sangat berpengaruh terhadap intensitas waktu yang dibutuhkan dalam membangun bonding. Terapis yang disiplin menerapkan metode terapi ABA lebih dahulu memiliki kelekatan dengan siswanya dibandingkan dengan terapis lain. Ini terjadi karena ABA merupakan metode yang dilakukan berulang untuk membangun kebiasaan. Dampak baiknya terapis mendapatkan kemudahan dalam memberikan motivasi agar siswa berkeinginan untuk menerima pembelajaran di omah terapi autis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Jun 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/284393 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |