Studi komparatif persepsi mahasiswa terhadap budaya inklusi pada pendidikan tinggi malaysia dan indonesia / Luh De Kusuma Ningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi komparatif persepsi mahasiswa terhadap budaya inklusi pada pendidikan tinggi malaysia dan indonesia / Luh De Kusuma Ningrum

Ningrum, Luh De Kusuma Ningrum (2023) Studi komparatif persepsi mahasiswa terhadap budaya inklusi pada pendidikan tinggi malaysia dan indonesia / Luh De Kusuma Ningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan inklusi merupakan konsep rasional yang mengacu pada transformasi keseluruhan dan jangka panjang dari sistem kelembagaan dalam masyarakat khususnya di bidang pendidikan. Pendidikan tinggi inklusi merupakan isu yang mendapat perhatian dibanyak negara. Hal ini terlihat sebagai penggabungan siswa dengan berbagai keterbatasan ke dalam berbagai disiplin ilmu pilihan mereka di pendidikan tinggi. Keikutsertaan penyandang disabilitas pada tingkat pendidikan tinggi jauh lebih rendah dibandingkan dengan tingkat pendidikan lainnya. Mahasiswa penyandang disabilitas merupakan tantangan bagi universitas tidak hanya dalam hal menghilangkan hambatan arsitektural tetapi juga dalam hal akses yang lebih luas ke kurikulum pengajaran pembelajaran dan evaluasi. Keragaman dalam istilah yang lebih sederhana menyiratkan persepsi kampus sebagai lingkungan yang positif bagi setiap mahasiswa yang ingin mendaftar. Inklusi disisi lain mengacu pada pendekatan penyambutannya bagi siswa yang datang dengan minat dan tujuan yang berbeda. Banyak universitas yang mempromosikan konsep ini akan lebih unggul karena mampu merangkul mahasiswa apa adanya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan rancangan studi komparatif yang dilakukan pada Universiti Kebangsaan Malaysia dan Universitas Negeri Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan persepsi mahasiswa terhadap komunitas inklusi dan budaya inklusi pada pendidikan tinggi Malaysia dan Indonesia. Metode pengumpulan data meliputi observasi wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif sesuai dengan teknik Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya komunitas inklusi pada kedua situ dipersepsikan sebagai meminimalkan adanya perlakukan yang diskriminatif dengan mengembangkan tradisi komunikasi dan relasi sosial yang inklusif. mereka menerima dengan baik kehadiran dari mahasiswa disabilitas. Sementara itu budaya inklusi dipersepsikan tidak hanya dipandang untuk hanya menanamkan nilai-nilai saja namun juga bagaimana upaya untuk meminimalkan diskriminasi. Kedua universitas memberikan dukungannya melalui penyesuaian fasilitas penunjang pembelajaran dan sumber daya manusia yang berkualitas agar lebih mengoptimalkan penerapan dari budaya inklusi itu sendiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/284389

Actions (login required)

View Item View Item