Studi eksplorasi kemampuan abk tunagrahita ringan dalam berwirausaha / QOLBIYYATUL AZKIYA - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi eksplorasi kemampuan abk tunagrahita ringan dalam berwirausaha / QOLBIYYATUL AZKIYA

Azkiya, Qolbiyyatul Azkiya (2023) Studi eksplorasi kemampuan abk tunagrahita ringan dalam berwirausaha / QOLBIYYATUL AZKIYA. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anak Tunagrahita ringan merupakan anak berkebtuhan khusus yang masih dapat didik serta dilatih pada keterampilan vokasional dan kewirausahaan yang disesuaikan dengan kemampuannya agar kelak setelah lulus sekolah anak mempunyai bekal dan kemampuan berwirausaha yang dapat digunakan untuk bekerja bahkan membuka usaha sendiri. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kemampuan anak berkebutuhan khusus tunagrhita ringan dalam berwirausaha serta bagaimana peran dari orang tua dalam mendukung anak berkebutuhan khusus berwirausaha. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini yaitu kemampuan wirausaha anak berkebutuhan khusus tunagrahita ringan terdapat beberapa aspek mulai dari kemampuan anak mampu dalam membaca menulis agar tidak mudah dibohongi oleh konsumen kemampuan berhitung dalam menjumlahkan harga konsumen kemampuan berkomunikasi dalam melayani konsumen kemampuan bertransaksi dalam kegiatan jual beli dan kemampuan mempunyai pandangan jauh kedepan dimana anak mempunyai rencana agar usahanya semakin maju. Selain itu dukungan orang tua dalam mendukung anak berkebutuhan khusus tunagrahita ringan berwirausaha meliputi dukungan emosional dukungan instrumental dukungan informatif dan dukungan penghargaan. Peneliti berharap untuk orang tua yaitu peneliti berharap adanya peran aktif dalam mendukung dan mengembangkan kemampuan anak berkebutuhan khusus tunagrahita ringan dalam berwirausaha. Selain itu untuk guru atau praktisi pendidikan diharapkan dapat memberikan pelatihan anak berkebutuhan khusus tunagrahita ringan yang mempunyai jiwa berusaha serta masyarakat juga harus memberikan dukungan yang positif dengan menjadi konsumen anak berkebutuhan khusus tersebut. Peneliti berharap melalui RT/RW sekitar dapat memberikan fasilitas atau dapat memberikan batntuan modal agar anak berkebutuhan khusus tunagrahita ringan dapat menjalankan wirausahanya dan dapat menikmati fasilitas seperti yang lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/284387

Actions (login required)

View Item View Item