Studi komparatif implementasi bimbingan konseling terhadap anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusif smkn 9 surakarta dan smk jalan reko malaysia / Rosa Agustin - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi komparatif implementasi bimbingan konseling terhadap anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusif smkn 9 surakarta dan smk jalan reko malaysia / Rosa Agustin

Agustin, Rosa Agustin (2023) Studi komparatif implementasi bimbingan konseling terhadap anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusif smkn 9 surakarta dan smk jalan reko malaysia / Rosa Agustin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anak berkebutuhan khusus membutuhkan layanan khusus pada pendidikannya hal ini dikarenakan mereka memiliki hambatan pada perkembangannya. Maka diperlukannya layanan pendidikan khusus yang relevan dengan kebutuhan anak dengan harapan potensi yang dimiliki oleh anak dapat berkembang secara optimal. Model layanan pendidikan khusus salah satunya adalah Pendidikan Inklusif. Pendidikan inklusif memiliki beberapa komponen salah satunya adalah komponen manajemen layanan khusus yaitu bimbingan dan konseling. Peserta didik memerlukan bantuan dalam menemukan serta mengembangkan pendidikan kejuruan dan psikologisnya maka diperlukan bimbingan konseling untuk mencapai tujuan serta kegunaan sosial yang optimal. Program bimbingan yang komprehensif harus seimbang serta mencakup empat bidang dasar bimbingan yaitu pribadi pendidikan sosial dan kejuruan. Bimbingan tersebut harus memberikan siswa dengan bantuan yang diperlukan dalam perkembangan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pelaksanaan bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus pada bidang bimbingan karir bimbingan belajar dan bimbingan individu (2) hambatan pelaksanaan bimbingan konseling (3) dampak pemberian bimbingan konseling bagi anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan rancangan jenis penelitian multisitus. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data meliputi pengumpulan data reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan bimbingan konseling pada layanan bimbingan karir bimbingan belajar maupun bimbingan individu di sekolah Inklusif SMKN 9 Surakarta maupun SMK Jalan Reko Malaysia telah telaksana namum terdapat permasalahan pada setiap bimbingan tersebut. Selain itu terdapat hambatan dalam pelaksanaan bimbingan konseling di sekolah inklusif SMK Jalan Reko Malaysia yaitu kurangnya pemahaman konselor terhadap karakteristik anak berkebutuhan khusus hambatan dalam komunikasi dan memberikan informasi kepada peserta didik berkebutuhan khusus dan tidak adanya kemahiran yang dimiliki oleh konselor sekolah untuk menangani anak-anak berkebutuhan khusus. Sedangkan hambatan di SMKN 9 Surakarta adalah guru BK kesulitan dalam berkomunikasi dengan anak tunarungu dan memberikan pemahaman kepada anak tunagrahita serta tidak adanya guru pendamping khusus (GPK). Bimbingan Konseling berdampak baik kepada anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusif SMKN 9 Surakarta maupun SMK Jalan Reko Malaysia jika anak mengenal konselor sekolah serta lingkungan yang mendukung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Jun 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/284385

Actions (login required)

View Item View Item