Meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui metode struktural analitik sintetik bagi anak tunagrahita ringan di sdlb sumber dharma kota malang / Alfiani Umayya - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui metode struktural analitik sintetik bagi anak tunagrahita ringan di sdlb sumber dharma kota malang / Alfiani Umayya

Umayya, Alfiani Umayya (2023) Meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui metode struktural analitik sintetik bagi anak tunagrahita ringan di sdlb sumber dharma kota malang / Alfiani Umayya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada umumnya anak dengan gangguan perkembangan mengalami defisit pada daya ingat (memory). Anak-anak penyandang disabilitas mental membutuhkan layanan pendidikan khusus. Anak tunagrahita mengalami kerumitan pada bidang akademik atau sekolah salah satunya yakni membaca. Pada hakekatnya penting untuk memenuhi persyaratan kemampuan dan keterampilan membaca sehingga kemampuan membaca harus dikembangkan sejak dini. Mengingat kesulitan yang dihadapi anak tunagrahita ringan dan pentingnya kemampuan membaca anak sangat penting untuk memilih metode dan strategi instruksional yang akan anak tunagrahita terima dengan mudah. Metode structural analitik sintetik dipilih untuk membantu siswa dalam pembelajaran membaca permulaan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kemampuan membaca permulaan sebelum menggunakan metode structural analitik sintetik (SAS) (2) mendeskripsikan kemampuan membaca permulaan setelah menggunakan metode SAS (3) mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca permulaan menggunakan metode SAS. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimental. Pengumpulan data dilakukan dengan populasi dan sampel variabel bebas dan terikat instrument penelitian validasi pengumpulan data analisis data menggunakan statistic deskriptif uji hipotesis menggunakan Uji Wilcoxon dengan bantuan SPSS 26 for windows dengan data hasil pre-test dan post-test. Hasil temuan penelitian ini terdapat peningkatan hasil nilai pre-test 58 ke nilai post-test 93. Setelah dilakukan uji hipotesis menunjukkan hasil Asymp.sig. (2-tailed) bernilai 0.041. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan membaca permulaan siswa tunagrahita sebelum dan sesudah diberikan metode SAS di SDLB Sumber Dharma Kota Malang. Disarankan guru untuk lebih kreatif dalam menggunakan metode SAS dan dilengkapi dengan media yang menarik perhatian siswa. Bagi peneliti selanjutnya dapat mengembangkan metode SAS pada ketunaan lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Jun 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/284384

Actions (login required)

View Item View Item