Pengaruh media video jafis (hijaiyyah finger sign) terhadap kemampuan mengenal huruf hijaiyah siswa tunarungu kelas ii di slb eka mandiri batu / Sandra Tyas Suci Ramadhan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh media video jafis (hijaiyyah finger sign) terhadap kemampuan mengenal huruf hijaiyah siswa tunarungu kelas ii di slb eka mandiri batu / Sandra Tyas Suci Ramadhan

Ramadhan, Sandra Tyas Suci Ramadhan (2022) Pengaruh media video jafis (hijaiyyah finger sign) terhadap kemampuan mengenal huruf hijaiyah siswa tunarungu kelas ii di slb eka mandiri batu / Sandra Tyas Suci Ramadhan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ramadhan Sandra Tyas Suci. 2022. Pengarun Media Video JAFIS (Hijaiyyah Finger Sign) Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Siswa Tunarungu Kelas II di SLB Eka Mandiri Batu. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Abdul Huda M.Pd. (II) Dimas Arif Dewantoro M.Pd. Kata Kunci Tunarungu Media Video Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah. Mengenal huruf hijaiyah merupakan salah satu kompetensi yang harus dicapai saat dalam sekolah dasar. Saat studi pendahuluan ditemukan bahwa siswa tunarungu mengalami kesulitan untuk mengenali huruf hijaiyah meskipun pembelajaran dilakukan sudah beberapa kali. Maka dari itu pengenalan huruf hijaiyah pada siswa tunarungu memerlukan media yang sesuai dengan karakteristiknya. Media video merupakan media yang sesuai karena menampilkan visual yang dapat meningkatkan minat belajar dan mempengaruhi pemahaman siswa tunarungu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan mengenal huruf hjaiyah siswa tunarungu kelas II SLB Eka Mandiri Batu sebelum dan setelah menggunakan media video JAFIS serta untuk menganalisis pengaruh penggunaan media video JAFIS terhadap kemampuan mengenal huruf hijaiyah siswa tunarungu kelas II SLB Eka Mandiri Batu. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif dengan design pre-experimental design dengan tipe one group pretest-posttest yang hanya melibatkan satu kelompok dalam penelitiannya. Instrumen penelitian berupa tes dan observasi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan pretest dan posttest. Analisis data yang digunakan adalah uji Wilcoxon. Hasil penelitian sebelum menggunakan media video JAFIS menunjukkan rata-rata nilai pretest sebesar 38 9 dan posttest sebesar 86 7. Dengan hasil Test Statistics diketahui Asyimp.Sig (2-tailed) bernilai 0.042. maka H diterima dan H ditolak sehingga media video JAFIS (Hijaiyyah Finger Sign) berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf siswa tunarungu kelas II SLB Eka Mandiri Batu. Saran peneliti untuk guru agar menerapkan penggunaan media video JAFIS (Hijaiyyah Finger Sign) dalam pembelajaran di kelas. Selain itu penelitian ini juga dapat digunakan untuk referensi bagi peneliti selanjutnya yang sedang mengembangkan penelitian yang serupa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/284383

Actions (login required)

View Item View Item