Pengaruh media impraboard velcro tehadap kemampuan mendeskripsikan gambar bagi siswa autis di SLB Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang / Siti Annoora Niroha Pulungan</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh media impraboard velcro tehadap kemampuan mendeskripsikan gambar bagi siswa autis di SLB Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang / Siti Annoora Niroha Pulungan</p>

Pulungan, Siti Annoora Niroha (2023) Pengaruh media impraboard velcro tehadap kemampuan mendeskripsikan gambar bagi siswa autis di SLB Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang / Siti Annoora Niroha Pulungan</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Autis merupakan anak yang mengalami hambatan yang kompleks hambatan kompleks yaitu aktivitas imaginatif dan komunikasi. Siswa autis di SLB Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang masih mengalami kesulitan dalam mendeskripsikan gambar. Tujuan pada penelitian ini meliputi (1) kemampuan siswa autis pada saat sebelum diberikan intervensi. (2) kemampuan siswa autis setelah diberikan intervensi. (3) pengaruh media impraboard velcro terhadap kemampuan mendeskripsikan gambar bagi siswa autis di SLB autis Laboratorium Universitas Negeri Malang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen pendekatan singel subject research (SSR) desain A-B-A yang memakai satu subjek penelitian. Langkah pada desain A-B-A yakni kemampuan awal mendeskripsikan gambar diukur dengan berkelanjutan pada tahap baseline 1 (A1) sampai data stabil kemudian pada tahap intervensi (B) dilakukan intervensi adalah media impraboard velcro sampai data stabil dan dilanjutkan pengukuran pada tahap baseline 2 (A2) dilakukan untuk menjadi kontrol pada saat menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan media impraboard velcro memiliki pengaruh positif terhadap kemampuan mendeskripsikan gambar bagi siswa autis di SLB autis Laboratorium Universitas Negeri Malang. Secara rinci menunjukkan (1) kemampuan mendeskripsikan gambar subjek penelitian pada baseline 1 (A1) masih rendah (2) kemampuan mendeskripsikan gambar pada tahap intervensi (B) mengalami peningkatan (3) kemampuan mendeskripsikan gambar pada tahap baseline 2 (A2) mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 May 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/284377

Actions (login required)

View Item View Item