Pengembangan alat permainan super (susun pekerjaan) untuk meningkatkan kemampuan sosial anak TK Kelompok B dalam mengenal berbagai pekerjaan di lingkungan sekitarnya / Yunika Kurnia Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan alat permainan super (susun pekerjaan) untuk meningkatkan kemampuan sosial anak TK Kelompok B dalam mengenal berbagai pekerjaan di lingkungan sekitarnya / Yunika Kurnia Dewi

Dewi, Yunika Kurnia (2023) Pengembangan alat permainan super (susun pekerjaan) untuk meningkatkan kemampuan sosial anak TK Kelompok B dalam mengenal berbagai pekerjaan di lingkungan sekitarnya / Yunika Kurnia Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dewi Yunika Kurnia. 2023. Pengembangan Alat Permainan Super (Susun Pekerjaan) Untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial Anak Kelompok B Dalam Mengenal Berbagai Pekerjaan. Skripsi Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Usep Kustiawan M. Sn. (II) Dr. Yudithia Dian Putra M. Pd M.M. Kata Kunci permainan super kemampuan sosial pekerjaan anak Pengenalan lingkungan sekitar adalah hal terpenting sebab anak tinggal di lingkungan tersebut sehingga memudahkan mereka untuk belajar. Salah satu pengenalan lingkungan sekitar yang terpenting adalah mengenalkan pekerjaan. Alat permainan edukatif merupakan media pembelajaran yang dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran di sekolah untuk menunjang kegiatan pembelajaran. Alat permainan edukatif yang menarik mudah digunakan dan memiliki nilai edukatif pastinya dapat membantu anak memahami materi pekerjaan. Peneliti menjadi terinspirasi untuk membuat alat permainan super (susun pekerjaan) yang berisi berbagai pekerjaan yang ada dilingkungan sekitar anak. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk permainan super yang dapat meningkatkan kemampuan sosial anak kelompok B dalam mengenal pekerjaan yang berada di sekitar lingkungan sekitarnya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian research and development dengan model ADDIE. Rancangan dalam penelitian ini diawali dengan tahap analisis masalah pada TK Al-Naba dan RA Muslimat NU 22 Kota Malang bahwa kurang memiliki variasi permainan dan materi terkait pengenalan pekerjaan di lingkungan sekitar. Tahap kedua peneliti melakukan desain produk sebagai alternatif penyelesaian masalah. Produk yang telah didesain masuk pada tahap ketiga yaitu pengembangan produk dengan melakukan uji validasi pada ahli materi perkembangan sosial AUD ahli permainan dan pengguna yang kemudian setelah validasi peneliti melakukan revisi produk. Produk yang telah direvisi masuk pada tahap keempat yaitu implementasi atau uji coba pada 2 kelompok yaitu kelompok kecil dan kelompok besar. Tahap terakhir setelah produk selesai di uji coba produk dievaluasi terkait keberhasilannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan produk menurut penilaian validator memiliki rata-rata 93 3%. Pada uji coba kelompok kecil memiliki rata-rata 92%. Sedangkan pada uji coba kelompok besar memiliki rata-rata 92%. Kesimpulannya produk permainan super (susun pekerjaan) efektif dalam mengenalkan pekerjaan di lingkungan sekitarnya sesuai dengan produk yang berada pada rentang persentase 76-100% sehingga produk dapat digunakan sebagai alat permainan edukatif utamanya dalam pengenalan pekerjaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 May 2023 04:29
Last Modified: 25 Sep 2024 01:55
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/284104

Actions (login required)

View Item View Item