Pengembangan \"bilingual song animal and fruit\" untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris anak usia 4-5 tahun / Monica Advendtina Debby Setyadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan \"bilingual song animal and fruit\" untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris anak usia 4-5 tahun / Monica Advendtina Debby Setyadi

Setyadi, Monica Advendtina Debby Setyadi (2023) Pengembangan \"bilingual song animal and fruit\" untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris anak usia 4-5 tahun / Monica Advendtina Debby Setyadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan formal sebelum anak memasuki pendidikan sekolah dasar. Sesuai dengan kurikulum 2013 dijabarkan mengenai 6 aspek perkembangan yang ada di pendidikan anak usia dini yaitu nilai agama dan moral fisik motorik kognitif bahasa sosial emosional dan seni. Salah satu aspek yang menjadi penting untuk diperhatikan adalah pengembangan bahasa karena bahasa akan digunakan untuk berkomunikasi pada orang lain baik secara verbal maupun non-verbal. Maka dari itu seorang pendidik memerlukan metode dan media pembelajaran yang tepat untuk mengembangkan bahasa anak usia dini. Bahasa yang dikenal anak usia dini tidak hanya bahasa ibu namun anak akan memperoleh bahasa kedua salah satu contoh bahasa kedua yang akan dikembangkan adalah bahasa Inggris. Yang mana saat ini bahasa Inggris menjadi bahasa internasional yang sudah dipelajari di seluruh dunia. Untuk anak usia dini pembelajaran bahasa Inggris dapat dilakukan secara terpimpin dimana pembelajaran akan dirancang oleh guru. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan perkembangan bahasa Inggris anak usia 4-5 tahun adalah bernyanyi. Namun pada masa sekarang ini banyak diamati bahwa anak usia 4-5 tahun lebih sering menyanyikan lagu pop yang cenderung bertema dewasa. Hal itu disebabkan berkurangnya lagu anak dan kurangnya perhatian terhadap lagu anak. Sehingga pengembangan lagu anak untuk menstimulasi perkembangan bahasa terutama bahasa Inggris anak. Berangkat dari permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk lagu berupa lagu dwibahasa dengan tema binatang dan buah yang dekat dengan anak yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran bahasa Inggris anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau research amp development (R amp D) dengan model ADDIE (analyze design develop implement dan evaluate). Tahapan dalam penelitian pengembangan ini adalah analisis masalah serta observasi pada lembaga pendidikan anak usia dini merancang produk lagu yang akan dikembangkan membuat produk lagu serta melakukan validasi ahli pelaksanaan penerapan media lagu dan evaluasi. Selain mendapat nilai dari validasi ahli (bahasa amp musik) dalam penelitian ini produk lagu juga akan di validasi oleh ahli praktisi (pengguna) yaitu guru kelas sebagai pengamat dan pengguna langsung di dalam kelas. Pelaksanaan penelitian atau penerapan lagu pada lembaga pendidikan anak usia dini dilaksanakan dalam 2 uji kelompok yaitu uji kelompok kecil dan kelompok besar guna mengetahui kelebihan dan kekurangan lagu saat diterapkan pada kelompok kecil. Apabila terdapat kekurangan maka produk akan direvisi dan akan di uji lagi pada uji coba kelompok besar dengan subjek penelitian yang lebih banyak. Hasil penelitian ini adalah berdasarkan dari validasi ahli bahasa kedua lagu dwibahasa mendapat nilai ideal sehingga dapat dikatakan bahwa kedua lagu efektif dan layak untuk diterapkan pada anak usia 4-5 tahun. Untuk ahli musik memberikan nilai ideal untuk kedua lagu namun ada sedikit revisi terkait dengan ritme lagu sehingga perlu diperbaiki terlebih dahulu sebelum diterapkan pada anak. Setelah merevisi sesuai dengan saran dari ahli musik maka diberikan nilai ideal serta efektif dan layak untuk diterapakan pada anak usia 4-5 tahun. Setelah mendapatkan predikat efektif dan layak kemudian kedua lagu diterapkan pada anak usia 4-5 tahun dalam uji coba kelompok kecil yang dinilai oleh 3 ahli praktisi. Saat melakukan penelitian penerapan lagu didapatkan hasil dari ahli praktisi bahwa lagu efektif dan layak untuk digunakan dalam meningkatkan bahasa Inggris anak usia 4-5 sehingga penelitian dilanjutkan pada uji coba skala besar. Hasil dari penelitian skala besar yang di validasi oleh 6 ahli praktisi jika di rata-rata mendapatkan nilai yang ideal. Namun ada sedikit revisi yaitu untuk memperlambat tempo pada lagu buah agar lebih mudah diikuti oleh anak. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa lagu dwibahasa dengan tema binatang dan buah efektif dan layak untuk meningkatkan perkembangan bahasa Inggris anak usia 4-5 tahun terutama pada pelafalan penambahan kosakata dan mengingat kosakata yang ada dalam lagu. Hal itu dibuktikan dengan hasil penelitian yang mendapat nilai ideal dari pada ahli serta antusiasme anak ketika menyanyikan kedua lagu tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/284101

Actions (login required)

View Item View Item