Hubungan kelekatan anak dan guru terhadap kemandirian anak ditinjau dari jenis kelamin di TK Taman Indria 01 Malang / Tasya Putri Amanda</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan kelekatan anak dan guru terhadap kemandirian anak ditinjau dari jenis kelamin di TK Taman Indria 01 Malang / Tasya Putri Amanda</p>

Amanda, Tasya Putri (2023) Hubungan kelekatan anak dan guru terhadap kemandirian anak ditinjau dari jenis kelamin di TK Taman Indria 01 Malang / Tasya Putri Amanda</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemandirian merupakan salah satu aspek yang perlu dikembangkan seperti kemampuan anak dalam berpendapat mengambil keputusan dan tidak bergantung pada orang lain dengan sikap percaya diri. Kehadiran guru di sekolah diperlukan sebagai stimulan agar anak mampu mengoptimalkan perkembangan kemandiriannya secara tepat. Kehadiran guru tersebut ditunjukan dengan menjaga hubungan kelekatan terhadap anak didiknya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan kelekatan anak dan guru terhadap kemandirian anak di TK Taman Indria 01 Malang. Penelitian ini menggunakan analisis data yang dalam prosesnya menggunakan pendekatan kuantitatif. Rancangan penelitian dalam penelitian ini bersifat korelasional dan statistik yang digunakan yaitu statistik inferensial. Penelitian ini menitikberatkan pada dua variabel dimana variabel independen yaitu kelekatan anak dan guru (X) dan variabel dependen yaitu kemandirian anak di sekolah (Y). Pengumpulan data menggunakan angket dan lembar observasi dengan sampel populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak TK Taman Indria 01 Malang dengan penarikan sampel menggunakan teknik Proportionate stratified random sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan kelekatan anak dan guru terhadap kemandirian anak ditinjau dari jenis kelamin. Hal ini dibuktikan dengan hasil peneltian yang kemudian dianalisis menggunakan uji korelasi pearson menunjukan hasil nilai signifikansi p-value yaitu sebesar 0.000 atau lt 0.05. Terdapat juga perbedaan kemandirian anak ditinjau dari jenis kelamin yang dibuktikan dengan hasil penelitian yang kemudian dianalisis menggunakan uji T atau independent sample t-Test menunjukan signifikansi t-test for Equality of Means yaitu sebesar 0.00 atau lt 0.05. Saran diharapkan pada penelitian yang akan datang agar dapat meneliti variabel lain yang dianggap memiliki hubungan dengan kemandirian anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 May 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/284094

Actions (login required)

View Item View Item