Puspaningrum, Gusti Ayu Puspaningrum (2023) Pengembangan game miracle alphabet untuk menstimulasi kemampuan membaca permulaan anak usia 4-5 tahun / Gusti Ayu Puspaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kemajuan teknologi serta ilmu pengetahuan yang banyak mengubah cara kehidupan manusia kelekatan kehidupan yang serba terknologi yang memasuki abad 21 ini. Manusia diharuskan dapat menguasai teknologi agar tidak tertinggal oleh zaman. Dikalangan masyarakat teknologi sudah tidak asing lagi di masa ini. Pengguna tablet pc ipad ponsel pintar smartphone dan yang sejenis dalam berbagai kalangan masyarakat dari orang dewasa hingga anak usia remaja. Berlandaskan paparan di atas peneliti merasa perlu mengembangkan permainan yang dirancang agar merangsang keterampilan membaca permulaan anak usia 4-5 tahun. keterampilan membaca permulaan perlu memiliki keterampilan dalam pembelajaran yang bervariasi serta kreatif searah dengan yang dibutuhkan anak.Penelitian dan pengembangan ini memiliki tujuan untuk membuat suatu produk yang bernama ldquo Miracle Alphabet rdquo yang dapat dipakai oleh anak usai 4-5 tahun dengan fitur menarik efektif dan efektif. Model penelitian yang dipakai yakni Research and Development (R amp D) dengan model perkembangan ADDIE yang berisikan lima tahapan yakni (1) Analisis (2)Design (3) Development (4) Implementation (5) Evaluation. Teknik pengumpulan data pada penelitian pengembangan ini yakni wawancara serta pemberian angket. Metode analisis data yang dipakai yakni deskriptif kuantitatif deskriptif kualitatif. Uji kelayakan dilaksanakan oleh orang yang ahli dibidang materi dan media selanjutnya dipraktekkan pada 56 anak di TK yang berada di Kabupaten Madiun. Hasil pengembangan game miracle alphabet dinyatakan layak dengan perolehan persentase sebesar 90% dari ahli materi dari 90% ahli media 89% demonstrasi kelompok besar 90% demonstrasi kelompok kecil. Penelitian dan pengembangan ini membuat produk yang dapat dipakai untuk merangsang keterampilan membaca permulaan anak usia 4-5 tahun. Peneliti menyarankan untuk penelitian lebih lanjut diharapkan mampu menambah permainan atau membuat inovasi permainan baru yang dapat mencakup semua kemampuan membaca permulaan anak peneliti dapat dilakukan pada subjek yang lebih banyak dilakukan di beberapa sekolah penelitian selanjutnya dapat mengembangkan penelitian berdasarkan kekurangan-kekurangan yang mengacu pada penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jun 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/284091 |
Actions (login required)
View Item |