Pengembangan media flashcard berbasis augmented reality untuk menstimulasi kemampuan keaksaraan awal anak usia 4-5 tahun di ra at-taushiyah banggle blitar / Ziana Nihla - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media flashcard berbasis augmented reality untuk menstimulasi kemampuan keaksaraan awal anak usia 4-5 tahun di ra at-taushiyah banggle blitar / Ziana Nihla

Nihla, Ziana Nihla (2023) Pengembangan media flashcard berbasis augmented reality untuk menstimulasi kemampuan keaksaraan awal anak usia 4-5 tahun di ra at-taushiyah banggle blitar / Ziana Nihla. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anak usia dini merupakan anak yang berumur 0-6 tahun. Setiap anak usia dini memiliki karakteristik yang unik dan berbeda-beda. Karakteristik anak usia dini yaitu a) anak bersifat egosentris b) anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi c) anak bersifat unik d) anak kaya imajinasi dan fantasi e) anak memiliki daya konsentrasi yang pendek. Mengembangkan kemampuan belajar membaca bagi anak sangatlah di butuhkan oleh anak ketika anak masih berusia dini. Tidak bisa dianggap sebagai permasalahan yang sepele karena jika anak tidak mampu mengembangkan belajar membaca. Maka kosa kata yang anak tulis tidak akan memiliki kesamaan pada anak umumnya. Maka dari itu mengembangkan kemampuan belajar membaca sangat berpengaruh terhadap perkembangan psikologis. Penelitian ini bertujuan untuk menstimulasi kemampuan keaksaraan awal anak usia 4-5 tahun dengan menggunakan media flashcard berbasis augmented reality. Untuk media yang digunakan berbahan kertas foto dan memiliki tema yaitu 3 hewan dan 3 buah untuk aplikasi yang digunakan yaitu augmented reality yang dapat digunakan di android. Rancangan dalam penelitian ini diawali dengan observasi di tempat penelitian mencari permasalahan tentang pengenalan keaksaraan awal dilanjutkan dengan wawancara jika observasi dan wawancara selesai dilanjutkan dengan pedesainan flashcard dan pembuatan aplikasi augmented reality dilanjutkan implementasi dan yang terakhir yaitu evaluasi dari para ahli dan pengguna media. Hasil dari penelitian ini pada kelayakan pengembangan media flashcard berbasis augmented reality yaitu berdasarkan hasil persentase penilaian dari validator ahli media mendapatkan skor 94 4% dengan kategori ldquo Sangat Layak rdquo . Sedangkan persentase skor penilaian dari validator ahli materi mendapatkan skor 94 6% dengan kategori ldquo Sangat Layak rdquo untuk digunakan. Kemampuan mengenal aksara awal pada anak usia 4-5 tahun di RA At-Taushiyah Banggle Blitar dengan menggunakan media flashcard berbasis augmented reality menunjukkan bahwa media flashcard berbasis augmented reality yang dikembangkan berkualitas dengan skor persentase 92 4% dengan kategori ldquo Sangat Layak rdquo .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/284083

Actions (login required)

View Item View Item