Motorik halus dalam media pembelajaran busy book anak usia dini literature review / Izzatul Ma\'rifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Motorik halus dalam media pembelajaran busy book anak usia dini literature review / Izzatul Ma\'rifah

Ma'rifah, Izzatul Ma'rifah (2022) Motorik halus dalam media pembelajaran busy book anak usia dini literature review / Izzatul Ma\'rifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kurangnya keterampilan anak dalam menggunakan tangan kanan dan kiri dan melakukan koordinasi mata dan tangan serta anak kurang konsentrasi dan rapi dalam mengerjakan kegiatan pembelajaran yang berkaitan dengan motorik halus sehingga kemampuan motorik halus anak berkembang kurang optimal. Bermain dengan media busy book adalah salah satu pertimbangan peneliti yang dirasa cukup tepat untuk mengatasi permasalahan motorik halus anak usia dini. Penelitian ini bertujuan menganalisa pengaruh dari media pembelajaran bussy book terhadap peningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini. Metode dalam pencarian penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat studi literatur (literature review) yang menggunkan literatur-literatur lainnya sebagai objek yang utama. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan informasi berupa catatan dan data deskriptif yang terdapat di dalam teks yang diteliti (Sugiyono 2018). Hasil dari penelitian ini adalah Pengaruh Media Pembelajaran Bussy Book pada beberapa kajian penelitian terdahulu menunjukkan bahwa media mampu meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini dalam hal menggenggam menggambar melukis mengancingkan baju serta ketrampilan meraih dengan jari jemari yang lainnya. Pada Anak Usia Dini ditemukan bahwa anak usia dini lebih senang dan interaktif dalam proses belajar. Peran pendidik dalam memberikan inovasi terhadap media pembelajaran sangat diperlukan. Terdapat banyak inovasi yang dilakkukan pendidik dalam meningkatkan motorik halus anak seperti kegiatan menyuzun puzzle menganyam meenjahit dll. Dengan demikian anak mampu bermain sesuai dengan keinginannya karena pendidik mendesain busy book sesuai dengan karakter anak usia dini sehingga potensi Motorik Halus secara perlahan bisa terbentuk dalam diri anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/284081

Actions (login required)

View Item View Item