Magnesya, Wazabrilla Artha (2023) Pengaruh musik klasik kontemporer sebagai media terapi terhadap peningkatan konsentrasi anak hiperaktif di TK Dharma Wanita 2 Sawahan Trenggalek / Wazabrilla Artha Magnesya</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Anak dengan hambatan perilaku hiperaktif merupakan anak yang memiliki kencenderungan berupa kurangnya tingkat konsentrasi yang menjadi gangguan dengan sifat impulsif dan ditandai dengan sulitnya pemusatan perhatian dan sulit sekali untuk tenang. Terapi musik klasik kontemporer digunakan sebagai terapi dalam peningkatan konsentrasi anak hiperaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh musik klasik kontemporer sebagai media terapi terhadap peningkatan konsentrasi anak hiperaktif. Penelitian ini dilaksanakan di TK Dharma Wanita 2 Sawahan. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode the one group pretest and posttest design dengan jumlah sampel sebanyak 6 orang anak dengan penentuan menggunakan teknik nonprobability sampling dengan purposive sampling. Terapi musik klasik kontemporer diberikan sebanyak 9 kali treatment. Treatment diberikan sebanyak 1-2 kali sesi dengan durasi 15-30 menit per-sesinya. Penelitian ini menitikberatkan terhadap 2 variabel yang meliputi variabel independen (X) yaitu media terapi musik klasik kontemporer dan variabel dependen (Y) yaitu tingkat konsentrasi anak hiperaktif. Pengumpulan data tingkat konsentrasi anak hiperaktif dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan lembar penilaian pretest-posttest yang dianalisis menggunakan uji Paired Samples T-Test. Hasil penelitian menujukkan bahwa terdapat pengaruh musik klasik kontemporer sebagai media terapi terhadap peningkatan konsentrasi anak hiperaktif sebelum dan sesudah dilakukan treatment. Hal ini dibuktikan bahwa nilai rata-rata tingkat konsentrasi anak sebelum terapi musik sebesar 24 83 yang kemusian setelah dilakukan terapi musik meningkat sebesar 53 33. Sehingga berdasarkan hasil uji statistik melalui uji Paired Sample T-Test didapatkan p (sig.) sebesar lt 0.001 lt 0 05. Maka terdapat pengaruh musik klasik kontemporer sebagai media terapi terhadap peningkatan konsentrasi anak hiperaktif di TK Dharma Wanita 2 Sawahan Trenggalek.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 May 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/284077 |
Actions (login required)
View Item |