Peningkatan kemampuan berpikir simbolik melalui penerapan metode bermain peran pada anak usia 4-5 tahun di tk permata bunda malang / Mia Astermis Biduri Muham - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan berpikir simbolik melalui penerapan metode bermain peran pada anak usia 4-5 tahun di tk permata bunda malang / Mia Astermis Biduri Muham

Muham, Mia Astermis Biduri Muham (2023) Peningkatan kemampuan berpikir simbolik melalui penerapan metode bermain peran pada anak usia 4-5 tahun di tk permata bunda malang / Mia Astermis Biduri Muham. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil observasi pada anak usia 4-5 tahun di TK Permata Bunda Malang diketahui bahwa kemampuan berpikir simbolik anak masih belum maksimal sesuai perkembangan usia terkhusus dalam menggunakan benda secara simbolik atau tidak dengan fungsi sesungguhnya. Beberapa hal yang menandakan kemampuan berpikir simbolik anak mengalami kendala adalah anak yang belum bisa mencocokkan bentuk geometri serta mencocokkan huruf besar dan kecil sehingga hasil belajar yang diperoleh anak belum memenuhi kriteria yang ditentukan. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian untuk meningkatkan hasil kemampuan berpikir simbolik anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode bermain peran dalam pembelajaran di dalam kelas dan peningkatan kemampuan berpikir simbolik anak usia 4-5 tahun lewat metode bermain peran di TK Permata Bunda Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Rancangan penelitian yang digunakan terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan pelaksanaan obervasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi kata penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian penerapan metode bermain peran dalam meningkatkan kemampuan berpikir simbolik anak mengalami peningkatan yakni aktivitas guru pada siklus I memperoleh persentase sebesar 90% dan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Perkembangan kemampuan anak pada siklus I memperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 46% dan pada siklus II meningkat menjadi 85%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan berpikir simbolik pada anak usia 4-5 tahun berdasarkan aspek menggunakan benda secara simbolik mencocokkan benda berdasarkan fungsinya mengelompokkan benda berdasarkan warna dan mengelompokkan benda berdasarkan bentuk. Disarankan kepada guru untuk menggunakan metode bermain peran agar kemampuan berpikir simbolik anak meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 May 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/284075

Actions (login required)

View Item View Item