Pengembangan permainan ninja warrior kids untuk menstimulasi gerak lokomotor dengan unsur kebugaran jasmani anak usia 5-6 tahun / Yosephine Endah Sulityowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan permainan ninja warrior kids untuk menstimulasi gerak lokomotor dengan unsur kebugaran jasmani anak usia 5-6 tahun / Yosephine Endah Sulityowati

Sulityowati, Yosephine Endah Sulityowati (2023) Pengembangan permainan ninja warrior kids untuk menstimulasi gerak lokomotor dengan unsur kebugaran jasmani anak usia 5-6 tahun / Yosephine Endah Sulityowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permainan Ninja Warrior Kids adalah permainan sirkuit yang dapat menstimulasi gerak dasar lokomotor dengan unsur kebugaran jasmani anak usia 5-6 tahun. Pengembangan permainan ini didasarkan atas perkembangan gerak lokomotor dan unsur kebugaran jasmani anak usia 5-6 tahun di TKK St. Theresia Malang TKK Mardi Wiyata Malang dan TKK Sang Timur Malang dimana dari ketiga TK tersebut hanya sampai 30 anak dari total 68 anak memiliki gerak lokomotor dengan kebugaran jasmani yang baik seperti lincah seimbang dalam bergerak terutama ketika bermain permainan di taman yang membutuhkan keseimbangan tangkas kuat mengangkat beban dan cepat dalam menerima serta kurangnya motivasi guru untuk berinovasi menyediakan permainan yang menstimulasi gerak lokomotor dengan kebugaran jasmani anak. Fokus penelitian ada pada pengembangan permainan Ninja Warrior Kids dengan tujuan mewujudkan permainan yang layak guna dilihat dari aspek keefektifan aktivitas permainan dengan unsur perkembangan yang dituju anak keamanan permainan dengan melihat bahan alat peraga permainan dan kemenarikan dengan melihat estetika dan variasi aktivitas alat peraga dan keseluruhan permainan.Penelitian ini menggunakan metode research and development (RND) dengan model ADDIE sehingga penelitian akan melalui 5 tahapan yaitu analisis kebutuhan penelitian desain permainan pengembangan permainan melalui validasi ahli mengimplementasikan permainan ke sekolah dan mengevaluasi hasil penelitian. Analisis penelitian menggunakan kualitatif dan kuantitatif deskriptif dengan pengambilan data melalui angket observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis kuantitatif dar validasi 1 ahli permainan dan 1 ahli fisik motorik serta validasi 5 ahli pengguna didapatkan bahwa permainan Ninja Warrior Kids memiliki validitas secara keseluruhan yang sangat layak dengan skor 93 2%. Permainan juga dilihat dari beberapa kriteria kelayakan permaiann yaitu keefektifan keamanan dan kemenarikan. Permainan ini dinilai sangat efektif dengan nilai validitasnya 93 6% sangat aman dengan nilai validitasnya 94 67% dan sangat menarik dengan nilai validitasnya 90%. Hasil analisis kualitatif penelitian pada observasi didapatkan bahwa secara keseluruhan anak-anak dapat mengikuti permainan ini dengan baik dan melakukan fisik motoriknya dengan sangat baik. Namun adapun satu aspek yang belum muncul dikarenakan faktor eksternal seperti waktu (tergesa-gesa) dan faktor internal seperti berkebutuhan khusus. Maka dari itu anak-anak mampu mengembangkan gerak lokomotornya dengan unsur kebugaran jasmaninya melalui permainan Ninja Warrior Kids. Rekomendasi peneliti pada penelitian ini adalah penambahan validator ahli yang lebih dari 1 orang supaya permainan yang hendak digagas bersifat objektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 May 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/284074

Actions (login required)

View Item View Item