Rofika, Firjatul (2023) Penerapan kegiatan kolase untuk meningkatkan kemampuan seni rupa anak kelompok b TK Muslimat NU Lumajang 01 / Firjatul Rofika</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Rofika Firjatul. 2022. Penerapan Kegiatan Kolase untuk Meningkatkan Kemampuan Seni Rupa Anak Kelompok B TK Muslimat NU Lumajang 01. Skripsi Prodi S1 ndash Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs.Usep Kustiawan M.Sn (II) Munaisra Tri Tirtaningsih S.Pd M.Pd. Kata kunci Seni rupa AUD Penelitian Tindakan Kelas Kegiatan Kolase Kegiatan kolase merupakan suatu penelitian yang dilakukan kepada anak berupa pemberian tindakan kelas dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat perkembangan kemampuan seni rupa pada anak. Penelitian tindakan kelas dilakukan dengan tujuan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan seni pada anak dengan menerapkan kegiatan kolase kepada anak dengan rentang usia 5 sampai dengan 6 tahun. Sasaran subjek dalam penelitian ini analah anak kelompok B di TK Muslimat NU Lumajang 01. Subjek penelitian ini terdiri dari 17 anak yang berjumlah dari 6 anak laki-laki dan 11 anak perempuan dengan rentang usia 5-6 tahun. Pemilihan subjek penelitian dilakukan sesuai dengan penelitian yaitu kegiatan kolase dengan bahan alam. Perencanaan pada tindakan penelitian ini menggunakan model dari Kemmis amp Mc Taggart dimana pada model ini terdapat 4 komponen yaitu a) perencanaan atau planing b) tindakan atau acting c) pengamatan atau observing dan d) refleksi atau reflecting. Pengembangan kemampuan seni rupa dengan melakukan kegiatan kolase memberikan dampak sangat baik terhadap anak Kelompok B di TK Muslimat NU Lumajang 01. Peningkatan yang terjadi dari pra tindakan sampai dengan siklus I indikator anak mampu membuat konsep pola gambar mencapai 23 53% dan pada siklus I hingga siklus II meningkat sampai 35 3% indikator anak mampu menempel dan berkreasi dengan rapi dari pra tindakan sampai dengan siklus I terjadi peningkatan mencapai 5 89% dan peningkatan pada siklus I hingga siklus II mencapai 35 29% indikator anak mampu membuat karya kolase dari pra tindakan sampai dengan siklus I mencapai 23 53% dan pada siklus I sampai dengan siklus II terjadi peningkatan sampai 29 41% indikator anak mampu mengkomunikasikan hasil karya yang telah dibuat dari pra tindakan sampai dengan siklus I meningkat sebanyak 11 76% dan pada siklus I sampai dengan siklus II mencapai 23 53%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Apr 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/284067 |
Actions (login required)
View Item |