Pengembangan media pembelajaran abri (anak brilian) berbasis android dengan penguatan karakter mandiri pada materi jenis-jenis pekerjaan kelas iv Sekolah Dasar / Arief Yulistyo Nugroho</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran abri (anak brilian) berbasis android dengan penguatan karakter mandiri pada materi jenis-jenis pekerjaan kelas iv Sekolah Dasar / Arief Yulistyo Nugroho</p>

Nugroho, Arief Yulistyo (2022) Pengembangan media pembelajaran abri (anak brilian) berbasis android dengan penguatan karakter mandiri pada materi jenis-jenis pekerjaan kelas iv Sekolah Dasar / Arief Yulistyo Nugroho</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian dan pengembangan media pembelajaran aplikasi brilian berbasis android dilakukan di kelas IV SDN Plosokerep 1 Blitar. Hasil wawancara dengan guru kelas IV menunjukkan adanya permasalahan sebagai berikut. (a) media yang digunakan pada materi jenis-jenis pekerjaan berupa kliping pembelajaran dan video pembelajaran ditayangkan melalui proyektor. (b) siswa tidak tertarik dengan media pembelajaran yang digunakan guru pada saat pembelajaran di kelas. (c) di sekolah sudah tersedia fasilitas smartphone dan koneksi internet berupa wifi sekolah. Dibutuhkan media pembelajaran sebagai penunjang pembelajaran pada materi jenis-jenis pekerjaan yang interaktif dan menarik. Maka dari itu dikembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi android. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran ABRI berbasis android dengan penguatan karakter mandiri pada materi jenis-jenis pekerjaan kelas IV SD yang valid menurut ahli materi ahli media pengguna atau guru dan menarik menurut siswa. Jenis penelitian Research and Development menggunakan model ADDIE dengan 5 tahapan yaitu analysis design development implementation dan evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Plosokerep 1 Blitar. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara angket dan observasi. Data dari hasil validasi ahli dan uji coba produk dinilai menggunakan skala Likert untuk menilai kevalidan dan skala Guttman digunakan untuk menilai kemenarikan dan penguatan karakter mandiri. Hasil validasi secara berurutan diperoleh dari validasi ahli materi sebesar 91 66% validasi ahli media 91 66% dan validasi pengguna atau guru 95 83% dengan kategori sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi. Kemenarikan produk dan penguatan karakter mandiri saat uji coba skala kecil siswa memperoleh nilai 100% dan 100% sedangkan kemenarikan produk dan karakter mandiri saat uji coba skala besar siswa memperoleh nilai sebesar 100% dan 100% termasuk dalam kategori sangat menarik dan muncul karakter mandiri saat menggunakan produk. Kesimpulannya yaitu penelitian dan pengembangan ini menghasilkan sebuah produk media pembelajaran berbasis android dengan penguatan karakter mandiri pada materi jenis-jenis pekerjaan kelas IV SD yang sangat valid dan sangat menarik sehingga produk layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Apr 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/283856

Actions (login required)

View Item View Item