Pratiwi, Hana Pratiwi (2023) Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi keliling dan luas bangun datar di kelas iv sdn wringinrejo 1 mojokerto / HANA PRATIWI. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi keliling dan luas bangun datar. Penelitian deskriptif kualitatif ini menggunakan subjek penelitian 20 siswa kelas IV SDN Wringinrejo 1 Mojokerto. Data penelitian diperoleh dari tes tertulis wawancara dan dokumentasi. Ditemukan adanya kesulitan ketika siswa mengerjakan soal kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi keliling dan luas bangun datar. Kesalahan siswa dilihat berdasarkan teori Polya yaitu memahami masalah merencanakan pemecahan masalah melaksanakan rencana pemecahan dan memeriksa kembali. Hasil penelitian analisis kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi keliling dan luas bangun datar di kelas IV SDN Wringinrejo 1 Mojokerto menunjukkan hasil kemampuan pemecahan masalah siswa yang terdiri 15 siswa masuk dalam kategori sedang dalam menjawab soal. Dikatakan masuk kategori sedang karena siswa tersebut memperoleh nilai kurang dari 55 lt x lt 75. Kemudian 3 siswa dikategorikan dalam kategori tinggi karena siswa tersebut memperoleh nilai ge 75. Lalu siswa dikatakan masuk kategori rendah sebab siswa tersebut memperoleh nilai le 55 sebanyak 2 siswa masuk kedalam kategori rendah. Dari uraian tersebut artinya mayoritas subyek penelitian berada pada kategori sedang dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah bangun datar. Faktor penyebab siswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal tes diantaranya siswa kurang teliti dalam membaca soal siswa kurang hati-hati dan tergesa-gesa dalam menuliskan informasi siswa kurang mampu memahami rumus dan cara menghitung siswa terkadang lupa menuliskan satuan dan tidak terbiasa dan menyimpulkan jawaban. Dalam mengembangkan kemampuan siswa sebaiknya difokuskan pada pemberian materi bangun datar khususnya keliling dan luas yang menekankan pada penguasaan konsep agar pembelajarannya lebih efektif dan berhasil.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jun 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/283742 |
Actions (login required)
View Item |