Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar ipa materi perpindahan kalor siswa kelas v sdn kunir-kidul 01 lumajang / Kistidiavi Sofarini Syahidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar ipa materi perpindahan kalor siswa kelas v sdn kunir-kidul 01 lumajang / Kistidiavi Sofarini Syahidah

Syahidah, Kistidiavi Sofarini Syahidah (2023) Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar ipa materi perpindahan kalor siswa kelas v sdn kunir-kidul 01 lumajang / Kistidiavi Sofarini Syahidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Penelitian ini mengkaji pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu dengan menggunakan nonequivalent control group design. Hasil penelitian memaparkan model Problem Based Learning berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA. Dibuktikan dari uji hipotesis independent sample t-test pada hasil belajar kedua kelas didapatkan nilai Sig.(2-tailed) 0 004 lt 0 05. Hal tersebut didukung dengan nilai rata-rata N-Gain Score pada kelas eksperimen adalah 66% tergolong cukup efektif daripada kelas kontrol 47% tergolong kurang efektif. Aktivitas pemecahan masalah dalam model PBL dapat mengkonstruksi pengetahuan siswa yang menyebabkan hasil belajar kognitif siswa meningkat. Maka dapat dinyatakan model Problem Based Learning berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA pada materi perpindahan kalor siswa kelas V SDN Kunir-Kidul 01 Lumajang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/283732

Actions (login required)

View Item View Item