Pengembangan media big book untuk pembelajaran ketrampilan membaca nyaring pada siswa kelas ii sd / Alif Fathoni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media big book untuk pembelajaran ketrampilan membaca nyaring pada siswa kelas ii sd / Alif Fathoni

Fathoni, Alif (2023) Pengembangan media big book untuk pembelajaran ketrampilan membaca nyaring pada siswa kelas ii sd / Alif Fathoni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mengingat pentingnya keterampilan membaca sebagai pijakan awal untuk meningkatkan minat baca siswa. Penanaman kebiasaan membaca pada siswa SD perlu dimulai dari hal yang paling dasar dengan mengupayakan kelancaran membaca pada siswa. Namun guru mengalami kesulitan menarik perhatian siswa untuk membaca. Kurangnya variasi media pembelajaran menjadi salah satu kendala dalam melatih keterampilan membaca nyaring. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media Big Book yang valid menarik dan praktis untuk pembelajaran keterampilan membaca nyaring siswa SD. Materi yang diambil yaitu materi tema 2 bermain di lingkunganku kelas II SD. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analisis Desain Pengembangan Implementasi dan Evaluasi). Data dalam penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen yang digunakan berupa pedoman observasi pedoman wawancara dan lembar angket dengan menggunakan teknik analisis data kevalidan media kemenarikan media dan kepraktisan media sebagai analisis kuantitatif serta pengumpulan data reduksi data penyajian data dan kesimpulan sebagai analisis kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah produk media Big Book untuk pembelajaran keterampilan membaca nyaring siswa SD. Data kevalidan media dari ahli ahli materi diperoleh presentase 84 44 % dengan kriteria sangat valid dari ahli media diperoleh persentase 86 67% dengan kriteria sangat menarik. Media hasil validasi kemudian direvisi sesuai saran ahli sebelum diujicobakan. Uji coba dilakukan pada 18 siswa SDN Bataal Barat 1. Data kepraktisan media diperoleh dari hasil angket respon guru (pengguna) dengan presentase 77 78% yang termasuk pada kriteria praktis. Data respon siswa diperoleh 88 89% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media Big Book dapat dinyatakan valid menarik dan praktis untuk pembelajaran keterampilan membaca nyaring pada kelas II SD. Big Book juga dapat dijadikan sebagai media berkelompok karena memiliki gambar dan tulisan yang dapat dijangkau lebih dari 1 siswa. Big Book dapat disebarluaskan (digunakan) pada siswa kelas II di semua sekolah dasar setelah melakukan uji coba skala luas evaluasi dan revisi produk dengan tetap memperhatikan dan memperhitungkan karakteristik siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 May 2023 04:29
Last Modified: 26 Sep 2024 01:03
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/283714

Actions (login required)

View Item View Item