Pengembangan modul menulis kalimat efektif untuk siswa kelas iv SDN Bumiayu 03 - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul menulis kalimat efektif untuk siswa kelas iv SDN Bumiayu 03

Anggraini, Dita Dwi (2023) Pengembangan modul menulis kalimat efektif untuk siswa kelas iv SDN Bumiayu 03. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Masalah yang peneliti temukan di SDN Bumiayu 03 adalah siswa masih kesulitan dalam menggunakan kalimat efektif ketika pembelajaran bahasa Indonesia. Kesulitan ini dikarenakan cakupan materi dalam pembelajaran bahasa Indonesia khususnya materi kalimat efektif yang disajikan dalam buku siswa kurang lengkap. Buku yang ada masih kurang bervariasi dan kurang banyak contoh dan latihan soal. Guru dalam pembelajaran hanya menggunakan buku tematik saja tanpa adanya tambahan bahan ajar lain yang mendukung pembelajaran bahasa Indonesia khususnya materi kalimat efektif. Tujuan dari penelitian dan pengembangan untuk menghasilkan modul menulis kalimat efektif bagi siswa kelas IV SDN Bumiayu 03 valid menurut ahli materi ahli bahan ajar dan praktis untuk siswa serta guru sebagai pengguna. Model ADDIE digunakan dalam penelitian dan pengembanga ini yang meliputi analisis perencanaan pengembangan implementasi dan evaluasi. Berdasarkan temuan penelitian ini uji validasi ahli materi diperoleh 93 1% (sangat valid) penilaian uji validasi ahli media diperoleh 98% (sangat valid) dan hasil angket respon siswa diperoleh 95 3% (sangat praktis dan sangat menarik) serta uji kepraktisan pengguna diperoleh 97 5% (sangat praktis dan sangat menarik). Kesimpulan hasil penelitian pengembangan di atas menunjukkan bahwa produk modul Menulis Kalimat Efektif Untuk Siswa Kelas IV SDN Bumiayu 03 layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Mar 2023 04:29
Last Modified: 14 Aug 2023 01:44
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/283698

Actions (login required)

View Item View Item