Penerapan pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata diklat kewirausahaan (studi kasus pada siswa kelas XI SMK Sriwedari Malang) / Yusita Maharani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata diklat kewirausahaan (studi kasus pada siswa kelas XI SMK Sriwedari Malang) / Yusita Maharani

Yusita (2010) Penerapan pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata diklat kewirausahaan (studi kasus pada siswa kelas XI SMK Sriwedari Malang) / Yusita Maharani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kata Kunci Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Hasil Belajar Siswa Mata Diklat Kewirausahaan. Kualitas pendidikan di negara Indonesia masih sangat rendah bila dibandingkan dengan beberapa negara berkembang lainnya di dunia. Hal ini secara otomatis berdampak pula pada rendahnya kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) kita. Untuk kepentingan hal ini pemerintah berusaha sekeras mungkin melakukan perbaikan dalam sistem pendidikan kita salah satunya dengan mengadakan perubahan dalam hal kurikulum. Inovasi dalam kurikulum ditandai dengann mulai diterapkannya Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) 2004 dan kemudian diperbaiki lagi dengan diterapkannya Kurikulum Tingkat Satuan Pendiikan (KTSP) Standar Isi 2006. Inti dari perubahan ini adalah lebih menekankan keterlibatan siswa secara aktif dalam pembelajaran (student oriented) dan guru sebagai fasilitator. Salah satu strategi pembelajaran yang bisa dijadikan alternatif dan tentunya sesuai dengan tuntutan kurikulum KTSP 2006 ini adalah model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning). Model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) adalah suatu pembelajaran yang menggunakan masalah/kasus riil di kehidupan sehari-hari sebagai suatu konteks bagi siswa untuk belajar tentang cara berpikir kritis dan ketrampilan memecahkan masalah serta untuk memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensial dari materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan (1) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran mata diklat kewirausahaan yang ada di SMK Sriwedari Malang (2) Bagaimanakah penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) di SMK Sriwedari Malang (3) Apakah melalui penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata diklat kewirausahaan (4) Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) pada mata diklat kewirausahaan Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Sriwedari Malang Tahun Pelajaran 2009/2010 dengan jumlah siswa sebanyak 13 (4 laki-laki dan 9 perempuan). Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus. Instrumen penelitian yang digunakan untuk variabel keterlaksanaan penerapan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) adalah lembar observasi tindakan guru. Sedangkan untuk variabel hasil belajar siswa adalah lembar observasi tindakan siswa Lembar Kerja Siswa (LKS) dan soal tes (Pretest dan Posttest). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) sudah optimal. Hal ini ditunjukkan dengan telah diterapkannya semua tahapan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning). Selain itu penerapan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata diklat kewirausahaan. Peningkatan ini ditunjukkan oleh peningkatan hasil nilai pretest dan posttest. Rata-rata skor pretest siswa pada siklus I sebesar 67 3 mengalami peningkatan menjadi 69 2 pada siklus II. Selain itu rata-rata skor posttest siswa juga meningkat dari 73 1 pada siklus I menjadi 81 9 pada siklus II. Adapun saran yang dapat diberikan peneliti adalah (1) Bagi Kepala SMK Sriwedari Malang untuk memberikan motivasi kepada semua guru mata diklat baik kewirausahaan maupun yang lainnya agar menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dalam proses belajar mengajarnya (2) Bagi guru mata diklat kewirausahan SMK Sriwedari Malang untuk mencoba menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning pada bahasan yang lain karena siswa memberikan respon yang positif terhadap model pembelajaran ini dan dapat mengimplementasikan model pembelajaran Problem Based Learning pada pokok bahasan yang sesuai untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Dengan demikian siswa akan termotivasi untuk belajar sehingga dapat meningkatkan prestasi belajarnya (3) Bagi guru mata diklat kewirausahaan SMK Sriwedari Malang agar dalam proses pembelajaran lebih meningkatkan aspek psikomotorik siswa misalkan dengan membiasakan siswa untuk presentasi dan diskusi kelas (4) Dalam menerapkan model pembelajaran ini guru perlu mengatur waktu menyiapkan rencana kegiatan dan media yang tepat sehingga pembelajaran yang dilakukan dapat berlangsung secara optimal dan efisien sehingga tuntutan kurikulum tercapai (5) Dalam menerapkan model pembelajaran ini guru perlu menyebutkan indikator-indikator yang ada dalam tahap pembelajaran Problem Based Learning agar yang diajarkan lebih optimal (6) Bagi peneliti lain yang ingin mengembangkan penelitian ini disarankan untuk menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata diklat yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Nov 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28341

Actions (login required)

View Item View Item