Penerapan pembelajaran kooperatif model role playing pada mata diklat melakukan negosiasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pemasaran di SMKN 1 Turen Malang / Viky Rizki Firdiansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model role playing pada mata diklat melakukan negosiasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pemasaran di SMKN 1 Turen Malang / Viky Rizki Firdiansyah

Viky Rizki (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif model role playing pada mata diklat melakukan negosiasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pemasaran di SMKN 1 Turen Malang / Viky Rizki Firdiansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pembelajaran kooperatif model role playing hasil belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif model Role Playing pada mata diklat melakukan negosiasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan pembelajaran kooperatif model Role Playing. Sebagai subyek penelitian peneliti memilih siswa kelas X Pemasaran di SMKN 1 Turen. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang berusaha mengkaji dan merefleksikan secara mendalam beberapa aspek dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini terdiri dari siklus I dan siklus II yang masing-masing siklus dilakukan dalam 4 kali pertemuan. Pada setiap siklus terdiri dari 4 tahap yakni tahap perencanaan tahap pelaksanaan tindakan tahap pengamatan (observasi) serta tahap analisis dan refleksi. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah motivasi meyakinkan dan mendorong calon pelanggan kearah kesepakatan. Data yang diperoleh meliputi pengamatan aktifitas guru dan aktifitas peserta didik hasil belajar siswa dari hasil pre-test dan post-test Wawancara dengan guru dan peserta didik. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi pedoman wawancara soal tes dan lembar catatan lapangan. Dengan penerapan pembelajaran kooperatif model Role Playing pada mata diklat melakukan negosiasi nilai siswa meningkat cukup signifikan terlihat pada hasil nilai pre-test dan post-test pada siklus I dan siklus II. Hal ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa kelas X Pemasaran SMKN 1 Turen Malang terhadap mata diklat Melakukan Negosiasi sebelum dan setelah pelaksanaan pembelajaran kooperatif model Role Playing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Nov 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28340

Actions (login required)

View Item View Item