Pengaruh minat baca dan persepsi siswa tentang kelengkapan perpustakaan terhadap pemanfaatan perpustakaan sekolah (studi pada SMK Negeri 1 Pogalan, Trenggalek) / Sigit Saputro - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh minat baca dan persepsi siswa tentang kelengkapan perpustakaan terhadap pemanfaatan perpustakaan sekolah (studi pada SMK Negeri 1 Pogalan, Trenggalek) / Sigit Saputro

Sigit (2010) Pengaruh minat baca dan persepsi siswa tentang kelengkapan perpustakaan terhadap pemanfaatan perpustakaan sekolah (studi pada SMK Negeri 1 Pogalan, Trenggalek) / Sigit Saputro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Minat Baca Persepsi Siswa tentang Kelengkapan Perpustakaan Pemanfaatan Perpustakaan Masyarakat Indonesia dalam hal minat baca masih sangat rendah. Televisi sebagai media elektronik yang seharusnya menjadi sarana untuk menumbuhkan minat baca justru berfungsi sebaliknya yaitu sebagai sarana menumbuhkan budaya lisan. Perpustakaan merupakan salah satu tempat yang tepat untuk mengakses informasi dan menjelajah dunia. Keberadaan perpustakaan sekolah merupakan salah satu sarana dan prasarana yang dapat menunjang peningkatan kualitas pendidikan karena perpustakaan sekolah merupakan bagian penting dari sekolah secara keseluruhan. Oleh sebab itu pemanfaatan perpustakaan sekolah sangat penting dalam era globalisai ini. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pemanfaatan perpustakaan sekolah antara lain (1) minat baca (2) tenaga pengelola (3) koleksi perpustakaan (4) gedung dan fasilitas perpustakaan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) bagaimana kondisi minat baca dan persepsi tentang kelengkapan perpustakaan SMK Negeri 1 Pogalan (2) bagaimana pemanfaatan perpustakaan sekolah oleh siswa SMK Negeri 1 Pogalan (3) apakah minat baca berpengaruh terhadap pemanfaatan perpustakaan sekolah di SMK Negeri 1 Pogalan (4) apakah persepsi siswa tentang kelengkapan perpustakaan berpengaruh terhadap pemanfaatan perpustakaan sekolah di SMK Negeri 1 Pogalan. Penelitian ini digolongkan ke dalam penelitian deskriptif eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 1 Pogalan yang jumlahnya 1391 orang. Jumlah sampel yang diambil adalah 100 orang yang diperoleh dari populasi penelitian. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode Staritified Random Sampling. Teknik ini dipilih dengan alasan agar sampel dapat menggambarkan seluruh populasi. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program komputer SPSS Versi 15.0 for Windows agar hasil yang diperoleh lebih akurat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi minat baca dan persepsi siswa tentang kelengkapan perpustakaan sekolah di SMK Negeri 1 Pogalan sudah baik. Pemanfaatan perpustakaan sekolah oleh siswa SMK Negeri 1 Pogalan sudah baik. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan minat baca siswa terhadap pemanfaatan perpustakaan sekolah di SMK Negeri 1 Pogalan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan persepsi tentang kelengkapan perpustakaan terhadap pemanfaatan perpustakaan sekolah di SMK Negeri 1 Pogalan. Pihak sekolah sebaiknya mengambil kebijaksanaan yang berhubungan dengan kelengkapan perpustakaan sekolah. Seperti memperbaiki dan meningkatkan kualitas perpustakaan. Guru wali kelas maupun mata pelajaran sebaiknya selalu memberikan bimbingan kepada siswanya agar menerapkan ii kebiasaan membaca dengan baik sehingga minat baca siswa untuk membaca akan tumbuh. Sebaiknya siswa menerima kondisi kelengkapan perpustakaan yang ada di sekolah saat ini dan memanfaatkannya secara optimal agar bisa dinikmati dan dirasakan manfaatnya

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28335

Actions (login required)

View Item View Item