Lita Kurnia (2010) Penerapan cooperative learning model TGT (Teams Games Tournament) untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas X Pemasaran di SMK Islam Batu / Lita Kurnia Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Dewi Lita Kurnia. 2009. Penerapan Cooperative Learning Model TGT (Teams Games Tournament) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Pemasaran di SMK Islam Batu. Skripsi Program Studi Pendidikan Tata Niaga Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Djoko Dwi Kusumajanto M.Si (II) Hj. Ita Prihatining Wilujeng S.E M.M Kata kunci TGT (Teams Games Tournament) keaktifan Prestasi Belajar. Seiring dengan proses perubahan yang cepat dalam lingkungan pendidikan maka hal tersebut juga berdampak pada perubahan kurikulum pendidikan yaitu dengan diterapkannya kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) pada sekolah-sekolah sebagai penyempurnaan dari kurikulum sebelumnya yang cenderung teacher-oriented dalam proses belajar mengajar. Untuk mengetahui tuntutan dan target dari kurikulum baru yang diterapkan maka diperlukan strategi atau model pembelajaran yang menyenangkan dalam upaya meningkatkan pola pikir peserta didik serta potensi siswa agar berhasil dalam proses belajar mengajar. Untuk mencapai keberhasilan dalam proses belajar mengajar yang diharapkan upaya atau usaha yang dapat dilakukan oleh guru adalah dengan cara menguasai materi pelajaran dan memilih metode pembelajaran yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan penerapan Cooperative Learning Teams Games Tournament pada siswa kelas X Pemasaran di SMK Isam Batu.(2) Mengetahui keaktifan belajar siswa melalui penerapan Cooperative Learning Teams Games Tournament pada siswa kelas X Pemasaran SMK Islam Batu.(3) Untuk mengetahui prestasi belajar mata diklat pelayanan prima siswa kelas X Pemasaran SMK Islam Batu melalui penerapan Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament . Berdasarkan permasalahan dan tujuan penelitian maka penelitian ini bersifat deskriptif dan menggunakan analisis pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Alat pengumpulan data menggunakan soal tes lembar observasi catatan lapangan dokumentasi dan pedoman wawancara. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Pemasaran SMK Islam Batu tahun ajaran 2009/2010. Data tentang keaktifan belajar siswa dapat diketahui melalui setiap indikator elemen kooperatif mengalami peningkatan keaktifan. Sedangkan Prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan. Kesimpulan yang dapat diperoleh adalah penerapan Cooperative Learning Teams Games Tournament dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa. Beberapa saran yang dapat peneliti sampaikan yaitu (1) Guru mata diklat Pelayanan Prima SMK Islam Batu disarankan untuk mencoba menerapkan pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournamen (TGT). (2) Guru mata diklat Pelayanan Prima diharapkan dalam menerapkan Teams Games Tournament menggunakan variasi permainan. (3) Bagi peneliti selanjutnya yang ingin mengembangkan penelitian ini disarankan untuk menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament pada mata diklat yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Feb 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28303 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |