Lathifah, Winda Lutfiatul (2012) Penerapan Pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI) pada mata pelajaran biologi untuk meningkatkan interaksi belajar mengajar di kelas VII SMP N 1 Panggungrejo-KAB. Blitar / Winda Lutfiatul Lathifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pembelajaran kooperatif model group investigation (GI) interaksi belajar mengajar. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi di kelas VII SMP N 1 Panggungrejo menunjukan bahwa interaksi belajar mengajar masih rendah. Hal ini terlihat dari interaksi siswa pada waktu diskusi kelompok interaksi siswa pada waktu presentasi interaksi siswa dengan guru saat proses pembelajaran dan interaksi guru dengan siswa saat proses pembelajaran. Interaksi belajar mengajar yang rendah ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu kurangnya rasa percaya diri siswa dalam proses pembelajaran pembagian kelompok secara homogen dan kurangnya guru dalam memberikan pujian atau reward untuk siswa yang berani bertanya menjawab atau memberikan pendapatnya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan interaksi belajar mengajar dengan menggunakan model pembelajaran group investigation (GI). Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research). Kegiatan pembelajaran group investigation (GI) terdiri dari 2 siklus setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Tahap-tahap dalam model group investigation (GI) yaitu (1) pengelompokan (grouping) (2) perencanaan (planning) (3) penyelidikan (investigating) (4) pengorganisasian (organizing) (5) presentasi (presenting) dan (6) evaluasi (evaluating). Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi belajar mengajar di kelas VII-C SMP N 1 Panggungrejo mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari presentase interaksi siswa pada waktu diskusi kelompok siklus II meningkat dari rata-rata 49% menjadi 66% interaksi siswa pada waktu presentasi siklus II meningkat dari rata-rata 46% menjadi 66% interaksi siswa dengan guru saat proses pembelajaran siklus II meningkat dari rata-rata 52% menjadi 67% dan interaksi guru dengan siswa saat proses pembelajaran meningkat dari 57% menjadi 84%. Saran yang dapat diberikan yaitu (1) bagi guru mata pelajaran biologi penerapan pembelajaran kooperatif model group investigation (GI) dapat dijadikan alternatif untuk memecahkan masalah dalam pembelajaran biologi (2) guru hendaknya memperhatikan alokasi waktu dengan sebaik-baiknya sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan lancar dan tepat waktu (3) bagi peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian tentang penerapan pembelajaran kooperatif model group investigation (GI) agar dapat dikembangkan lebih lanjut pada mata pelajaran dan materi yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Feb 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/283 |
Actions (login required)
View Item |