Ana (2010) Pengaruh faktor internal dan eksternal terhadap prestasi belajar siswa kelas X Program Keahlian Penjualan SMK Pemuda 1 Kesamben, Blitar tahun ajaran 2008-2009 / Ana Rosada. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rosada Ana. 2009. Pengaruh Faktor Internal Dan Eksternal Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Penjualan SMK Pemuda 1 Kesamben Blitar Tahun Ajaran 2008-2009. Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi Pendidikan Tata Niaga. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Mohammad Hari M.Si (II) Drs. Djoko Dwi Kusumajanto M.Si. Kata Kunci Faktor Internal dan Eksternal Prestasi Belajar Tidak bisa disangkal bahwa dalam belajar seseorang dipengaruhi oleh banyak faktor. Sehingga bagi pelajar sendiri adalah penting untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi belajarnya. Menurut Slameto (2003 54) Faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar dapat dibedakan menjadi 2 yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Factor intern adalah faktor yang ada dalam diri individu yang sedang belajar sedangkan faktor ekstern adalah faktor yang ada di luar individu . Faktor intern meliputi faktor jasmani (kesehatan cacat tubuh) faktor psikologi (intelegensi perhatian minat bakat motif kematangan dan kesiapan) dan faktor kelelahan. Dalam penelitian ini faktor internal yang diteliti adalah intelegensi bakat dan motif. Sedangkan faktor ekstern meliputi faktor keluarga (cara mendidik relasi antar anggota keluarga suasana rumah tangga dan keadaan ekonomi keluarga) faktor sekolah (metode mengajar kurikulum disiplin sekolah keadaan sekolah tugas rumah) dan faktor masyarakat (teman bergaul mass media dan kegiatan dalam masyarakat). Dalam penelitian ini variabel yang diteliti adalah faktor internal (X1) yang meliputi intelegensi (X1.1) bakat (X1.2) dan motif (X1.3) dan faktor eksternal (X2) yang meliputi cara mendidik orang tua (X2.1) keadaan ekonomi keluarga (X2.2) disiplin sekolah (X2.3) keadaan gedung (X2.4) kegiatan siswa dalam masyarakat (X2.5) dan teman bergaul (X2.6). Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X Program Keahlian Penjualan SMK Pemuda 1 Kesamben Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif korelasional dan analisis regresi berganda data diperoleh dengan menggunakan teknik kuesioner tertutup. Populasi siswa kelas X Program Keahlian Penjualan sebanyak 180 siswa sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik cluster proporsional random sampling. Jumlah sampel yang diambil sesuai dengan perhitungan sebanyak 36% pada masing-masing kelas. Analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS for Windows 13.00. Setelah dilakukan proses pengolahan data dan analisis regresi berganda diketahui hasil penelitian secara parsial menunjukkan (1) intelegensi dari hasil analisis data menunjukkan intelegensi berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar (2) bakat dari hasil analisis data menunjukkan bakat berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar (3) motif dari hasil analisis data menunjukkan motif berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar (4) cara mendidik orang tua dari hasil analisis data menunjukkan cara mendidik orang tua berpengaruh tidak signifikan terhadap prestasi belajar. (5) keadaan ekonomi keluarga darai hasil analisis data menunjukkan keadaan ekonomi keluarga berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. (6) disiplin sekolah dari hasil analisis data menunjukkan disiplin sekolah tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. (7) keadaan gedung dari hasil analisis data menunjukkan keadaan gedung berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. (8) kegiatan siswa dalam masyarakat dari hasil analisis data menunjukkan kegiatan siswa dalam masyarakat berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. (9) teman bergaul dari hasil analisis data menunjukkan teman bergaul tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. Sedangkan berdasarkan uji ANOVA menunjukkan bahwa hipotesis kerja yang dinyatakan ada pengaruh yang signifikan antara faktor internal dan eksternal secara simultan terhadap prestasi belajar. Hal ini didukung dengan adanya nilai adjusted R square sebesar 0 439 yang berarti faktor internal dan eksternal mempengaruhi prestasi belajar sebesar 43 9% sedangkan sisanya 56 1% dipengaruhi faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan secara parsial terdapat 6 variabel yang menunjukkan signifikansi terhadap prestasi belajar yaitu intelegensi bakat motif keadaan ekonomi keluarga keadaan gedung kegiatan siswa dalam masyarakat. Secara simultan faktor internal dan eksternal terhadap prestasi belajar. Saran yang dapat diberikan berkaitan dengan temuan yang telah diperoleh adalah (1) Bagi sekolah faktor sekolah berpengaruh pada prestasi siswa oleh karena itu sebaiknya pihak sekolah senantiasa mempertahankan dan meningkatkan kondisi lingkungan sekolah secara optimal agar menunjang proses belajar mengajar meningkatkan pemenuhan sarana dan prasarana belajar serta membuat kebilakan-kebijakan yang berkaitan dengan upaya peningkatan prestasi belajar siswa. (2) Bagi orang tua senantiasa memperhatikan belajar anaknya khususnya dalam hal pengawasan perilaku dan pemenuhan kebutuhan belajar di sekolah maupun di rumah memotivasi anak untuk tekun belajar menjalin komunikasi yang baik dengan anak serta memberikan kasih saying yang cukup untuk mendorong kesuksesan belajar anak. (3) Bagi siswa lebih giat dalam meningkatkan pemahaman dan penguasaan materi pelajaran tidak mudah menyerah/putus asa jika menghadapi kesulitan serta selalu menjaga kondisi kesehatan jasmani dan rohani agar dapat mengikkuti pelajaran dengan baik. (4) Bagi peneliti selanjutnya bagi peneliti selanjutnya yang ingin mengkaji permasalahan serupa sebaiknya menambah variabel yang akan diteliti mengingat masih terdapat variabel lain baik di dalam maupun di luar faktor internal dan eksternal yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Jan 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28288 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |