Penerapan pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT) pada mata diklat kewirausahaan untuk peningkatan motivasi belajar siswa kelas II Program Keahlian Penjualan di SMKN 1 Boyolangu / Ilham Saiful F. - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT) pada mata diklat kewirausahaan untuk peningkatan motivasi belajar siswa kelas II Program Keahlian Penjualan di SMKN 1 Boyolangu / Ilham Saiful F.

Ilham (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT) pada mata diklat kewirausahaan untuk peningkatan motivasi belajar siswa kelas II Program Keahlian Penjualan di SMKN 1 Boyolangu / Ilham Saiful F. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Saiful F Ilham. 2009. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Teams Games Turnament pada Mata Diklat Kewirausahaan untuk Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas II Program Keahlian Penjualan di SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung. Skripsi Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) DR. Ery Tri Djatmiko R. W. W. M.A. M.Si. (2) Drs. M. Hari M.Si. Kata kunci pembelajaran kooperatif teams games tournament motivasi belajar Motivasi memegang peranan penting dalam proses pembelajaran karena pada hakekatnya proses pembelajaran adalah segala upaya yang dilakukan untuk dapat membelajarkan peserta didik dan dapat mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan menunjukkan bahwa motivasi belajar mata diklat Kewirausahaan peserta didik masih rendah salah satu penyebab rendahnya motivasi belajar pada mata diklat Kewirausahaan ini adalah kecenderungan menerapkan model pembelajaran yang tidak variatif. Hasil wawancara peneliti dengan guru mata diklat Kewirausahaan diketahui bahwa guru lebih sering menggunakan model ceramah dalam melaksanakan pembelajaran. Peran peserta didik sebagai penerima informasi sedangkan guru sebagai pemberi informasi sehingga pada saat pembelajaran berlangsung peserta didik terkesan bosan ngantuk dan cenderung diam. Usaha meningkatkan motivasi belajar peserta didik mata diklat Kewirausahaan perlu diciptakan suatu kondisi yang melibatkan peran aktif dari peserta didik. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menerapkan pembelajaran kooperatif model teams games tournament yang melibatkan peserta didik dalam hal belajar kelompok dan diskusi. Selain itu pembelajaran ini juga secara sadar dan sistematis memacu motivasi peserta didik untuk belajar sungguh-sungguh bersaing dalam turnamen Penelitian ini bertujuan 1). mendeskripsikan penerapan pembelajaran ko-operatif model teams games tournament pada mata diklat Kewirausahaan untuk me-ningkatkan motivasi belajar siswa 2) mendeskripsikan kerjasama peserta didik dalam pembelajaran kooperatif model teams games tournament pada mata diklat Kewirausahaan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa 3) mendeskripsikan respon peserta didik dalam pembelajaran kooperatif model teams games tournament pada mata diklat Kewirausahaan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa 4) mengetahui motivasi belajar siswa pada mata diklat Kewirausahaan setelah diterapkannya Model pembelajaran teams games tournament. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Peneliti bertindak sebagai instrumen kunci dan pemberi tindakan. Data penelitian dikumpulkan melalui 1) observasi 2) wawancara 3) angket 4) catatan lapangan dan 4) dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas II program keahlian Penjualan 1 di SMK Negeri 1 Boyolangu yang berjumlah 41 siswa. Teknik analisis data melalui tiga tahapan yaitu reduksi data paparan data penyimpulan hasil analisis data. Pengecekan keabsahan data menggunakan kriteria derajat kepercayaan yang meliputi 1) ketekunan/keajegan pengamatan 2) triangulasi 3) pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus mencakup 5 tahap yaitu 1) Penyajian kelas 2) diskusi kelompok 3) Turnamen 4) penghargaan kelompok 5) penutup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pembelajaran kooperatif model teams games tournament kepada peserta didik secara umum telah dilaksanakan dengan baik 2) kerjasama peserta didik dalam pembelajaran ini juga berlangsung dengan baik dimana peserta didik tidak membedakan kemampuan akademik latar belakang sosial maupun jenis kelamin tetapi lebih didorong oleh rasa tanggung jawab mereka dalam menyelesaikan tugas 3) respon peserta didik dalam penerapan pembelajaran kooperatif model teams games tournament sangat positif dan 4) motivasi peserta didik pada mata diklat Kewirausahaan mengalami peningkatan dari 37 peserta didik yang mengisi angket hanya empat siswa yang tidak mengalami peningkatan akan tetapi juga tidak mengalami penurunan. Persentase nilai rata-rata tertinggi pada siklus I diperoleh 86 4% sedangkan pada siklus II sebesar 90 4%. Persentase nilai rata-rata terendah pada siklus I sebesar 67 2% pada siklus II persentase nilai rata-rata terendah sebesar 71 2%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model teams games tournament dapat digunakan sebagai salah satu pendekatan yang dapat diterapkan untuk meningkatkan motivasi belajar mata diklat Kewirausahaan. Dari hasil penelitian di atas maka dapat diambil kesimpulan bahwa 1) penerapan pembelajaran kooperatif model teams games tournament pada mata diklat Kewirausahaan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang dibuktikan kerjasama peserta didik dalam menyelesaikan tugas sangat baik selain itu respon peserta didik pada pembelajaran ini sangat positif 2) pembelajaran kooperatif model teams games tournament dapat diterapkan dalam upaya meningkatkan keterampilan dan aktivitas peserta didik dalam belajar. Beberapa saran yang dapat peneliti sampaikan yaitu 1) bagi SMK Negeri 1 Boyolangu perlu menyediakan sarana dan prasarana yang lengkap untuk mendukung efektivitas penerapan pembelajaran kooperatif model teams games tournament yaitu berupa pengadaan ruang laboratorium bagi tiap-tiap program keahlian dan penambahan buku literatur guna mempermudah peserta didik dalam memperoleh informasi yang dibutuhkan dalam menyelesaikan tugas 2) bagi guru pem-belajaran kooperatif model teams games tournament dapat dijadikan sebagai alternatif pilihan dalam praktik pembelajaran di kelas 3) bagi peserta didik pada saat pembelajaran kooperatif model teams games tournament diterapkan perlu meningkatkan keberanian dalam mengajukan pertanyaan maupun berargumentasi guna lebih memahami terhadap materi yang dipelajari 4) bagi peneliti berikutnya disarankan untuk melakukan penelitian tentang pembelajaran kooperatif model teams games tournament pada pengajaran mata diklat yang sama atau mata diklat lainnya di tempat yang berbeda untuk mengembangkan dan menerapkan pembelajaran kooperatif model teams games tournament dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Jan 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28286

Actions (login required)

View Item View Item