Kontribusi model pembelajaran transformatif dan lingkungan belajar terhadap kemampuan public speaking warga belajar di Lembaga Desa Inggris Singosari / Carolina Shofia Rachmawati</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Kontribusi model pembelajaran transformatif dan lingkungan belajar terhadap kemampuan public speaking warga belajar di Lembaga Desa Inggris Singosari / Carolina Shofia Rachmawati</p>

Rachmawati, Carolina Shofia (2022) Kontribusi model pembelajaran transformatif dan lingkungan belajar terhadap kemampuan public speaking warga belajar di Lembaga Desa Inggris Singosari / Carolina Shofia Rachmawati</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan Luar Sekolah (PLS) mempunyai peran yang besar dalam membantu masyarakat luas untuk mendapatkan kesempatan belajar hingga menguasai bahasa Inggris dengan baik yang dapat difasilitasi melalui lembaga dan program kursus yakni berupa kursus bahasa Inggris. Desa Inggris Singosari menjadi salah satu lembaga kursus bahasa Inggris yang menerapkan pengembangan model pembelajaran transformatif dalam aktivitas belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan model pembelajaran transformative dan lingkungan belajar terhadap kemampuan public speaking warga belajar di Lembaga Desa Inggris Singosari. Penelitian ini memiliki target populasi sebanyak 531 warga belajar dan terpilih sebanyak 288 responden dengan teknik Stratified Random Sampling. Jenis data dan sumber data yang digunakan adalah dengan data primer yang merupakan jawaban responden melalui e-kuesioner dan data sekunder yang merupakan hasil studi dokumen dari lembaga Desa Inggris Singosari. Uji validitas dilakukan dengan teknik Pearson Product Moment dan untuk uji reliabilitas menggunakan teknik Cronbach Alpha. Analisis data dengan model regresi berganda dilaksanakan dengan melakukan uji asumsi klasik berupa uji normalitas uji multikolinearitas dan uji homogenitas dengan menggunakan aplikasi Jeffrey s Amazing Statistics Program (JASP) versi 16.4. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran transformatif tidak berkontribusi signifikan terhadap kemampuan public speaking warga belajar. Namun variabel lingkungan belajar berkontribusi signifikan sebesar 0 870 terhadap kemampuan public speaking. Nilai signifikansi p value bernilai lt .001. Oleh karenanya disimpulkan bahwa model pembelajaran transformatif dan lingkungan belajar secara simultan atau bersamaan memiliki kontribusi positif dan signifikan terhadap kemampuan public speaking. Saran penelitian ini adalah pada hasil negatif pada variabel model pembelajaran transformatif dapat menjadi masukan bagi lembaga untuk dapat dilakukan pengkajian dalam prosesnya serta mendorong semangat bagi warga belajar yang mengikuti kursus serta bagi penelitian lanjutan juga dapat dijadikan pertimbangan rujukan agar diperoleh hasil yang lebih baik. Pendidikan Luar Sekolah (PLS) mempunyai peran yang besar dalam membantu masyarakat luas untuk mendapatkan kesempatan belajar hingga menguasai bahasa Inggris dengan baik yang dapat difasilitasi melalui lembaga dan program kursus yakni berupa kursus bahasa Inggris. Desa Inggris Singosari menjadi salah satu lembaga kursus bahasa Inggris yang menerapkan pengembangan model pembelajaran transformatif dalam aktivitas belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan model pembelajaran transformative dan lingkungan belajar terhadap kemampuan public speaking warga belajar di Lembaga Desa Inggris Singosari. Penelitian ini memiliki target populasi sebanyak 531 warga belajar dan terpilih sebanyak 288 responden dengan teknik Stratified Random Sampling. Jenis data dan sumber data yang digunakan adalah dengan data primer yang merupakan jawaban responden melalui e-kuesioner dan data sekunder yang merupakan hasil studi dokumen dari lembaga Desa Inggris Singosari. Uji validitas dilakukan dengan teknik Pearson Product Moment dan untuk uji reliabilitas menggunakan teknik Cronbach Alpha. Analisis data dengan model regresi berganda dilaksanakan dengan melakukan uji asumsi klasik berupa uji normalitas uji multikolinearitas dan uji homogenitas dengan menggunakan aplikasi Jeffrey s Amazing Statistics Program (JASP) versi 16.4. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran transformatif tidak berkontribusi signifikan terhadap kemampuan public speaking warga belajar. Namun variabel lingkungan belajar berkontribusi signifikan sebesar 0 870 terhadap kemampuan public speaking. Nilai signifikansi p value bernilai lt .001. Oleh karenanya disimpulkan bahwa model pembelajaran transformatif dan lingkungan belajar secara simultan atau bersamaan memiliki kontribusi positif dan signifikan terhadap kemampuan public speaking. Saran penelitian ini adalah pada hasil negatif pada variabel model pembelajaran transformatif dapat menjadi masukan bagi lembaga untuk dapat dilakukan pengkajian dalam prosesnya serta mendorong semangat bagi warga belajar yang mengikuti kursus serta bagi penelitian lanjutan juga dapat dijadikan pertimbangan rujukan agar diperoleh hasil yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Mar 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/282819

Actions (login required)

View Item View Item