Bentuk pola asuh orang tua dalam pendidikan keluarga untuk menumbuhkan kemandirian intelektual anak (studi kasus pada orang tua peserta didik teladan di TPQ Al-Hasan Desa Brenggolo Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri) / Khorotul Ayun - Repositori Universitas Negeri Malang

Bentuk pola asuh orang tua dalam pendidikan keluarga untuk menumbuhkan kemandirian intelektual anak (studi kasus pada orang tua peserta didik teladan di TPQ Al-Hasan Desa Brenggolo Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri) / Khorotul Ayun

Ayun, Khorotul (2022) Bentuk pola asuh orang tua dalam pendidikan keluarga untuk menumbuhkan kemandirian intelektual anak (studi kasus pada orang tua peserta didik teladan di TPQ Al-Hasan Desa Brenggolo Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri) / Khorotul Ayun. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keluarga merupakan salah satu pusat pendidikan anak dan menjadi salah satu dari tri pusat pendidikan. Pendidikan keluarga menjadi salah satu dari jalur pendidikan di Indonesia yaitu jalur pendidikan informal. Dalam pendidikan keluarga orang tua memiliki peranan penting dan tidak lepas dengan penerapan pola asuh yang diterapkan orang tua untuk anak. Tujuan dari pendidikan keluarga adalah membentuk kemandirian anak dan salah satunya adalah kemandirian intelektual. Kemandirian intelektual berarti mandiri dalam mencapai tujuan mengkoordinasikan kegiatan dan perilaku memiliki tubuh yang seimbang menyesuaikan diri dengan lingkungan memiliki orientasi hidup yang matang dinamis dan peka terhadap situasi dan berpikir secara mendalam tidak bergantung pada orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk pola asuh orang tua dalam pendidikan keluarga kepada anaknya yang merupakan peserta didik teladan di TPQ Al Hasan Brenggolo dan mengetahui bentuk kemandirian intelektual anak dan cara anak dalam menyelesaikan masalah.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif fenomenologi. Penelitian ini dilakukan di TPQ Al Hasan yang terletak di Dusun Gedangan Desa Brenggolo Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri dengan rentang waktu 1 bulan di semester genap 2022. Subyek dalam penelitian ini adalah orang tua dan peserta didik teladan TPQ Al- Hasan Desa Brenggolo. Tahap awal penelitian ini dimulai dengan menyusun rencana penelitian dan dilanjutkan dengan pelaksanaan penelitian yang dilakukan di TPQ dan di rumah peserta didik. Teknik yang digunakan dalam tahap pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik wawancara observasi dan studi dokumentasi. Tahap terakhir dalam penelitian ini adalah pengolahan data yaitu menyusun laporan hasil penelitian.Hasil dari penelitian ini yaitu bentuk penerapan pola asuh orang tua dalam pendidikan keluarga meliputi a) memberikan reward atas pencapaian anak b) Menjaga komunikasi dengan anak dan menggunakan bahasa yang halus c) Membuat kesepakatan dengan melibatkan anak d) Mengawasi penggunaan gawai anak e) Meluangkan waktu untuk menemani anak belajar f) Membiasakan aktifitas positif sejak anak usia dini dan g) Memberi contoh yang baik untuk anak. Bentuk kemandirian intelektual yang tampak peserta didik teladan TPQ AlHasan Desa Brenggolo yaitu a) Ketertarikan anak untuk menempuh pendidikan di luar sistem persekolahan b) Keaktifan anak dalam mengikuti setiap pembelajaran c) Kemampuan anak untuk mengelola waktu belajar d) Kemandirian anak di saat berangkat untuk mencari ilmu e) Rasa ingin tahu anak yang besar f) Rasa tanggungjawab anak untuk belajar dan mengerjakan tugas dan g) Anak dapat menyelesaikan masalahnya sendiri.Dalam penerapan bentuk pola asuh orang tua peserta didik TPQ AlHasan Desa Brenggolo dalam pendidikan keluarga setiap keluarga memiliki karakteristik dan cara yang berbeda dalam menerapkan pola asuh kepada anak. Dalam penerapan pola asuh orang tua dapat diketahui bahwa dengan penerapan bentuk pola asuh orang tua yang tepat kepada anak dapat meningkatkan kemandirian intelektual anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Apr 2022 04:29
Last Modified: 24 Jan 2024 07:23
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/282818

Actions (login required)

View Item View Item