Penerapan pembelajaran kooperatif model problem based learning (PBL) pada mata diklat menata produk untuk meningkatkan partisipasi belajar dan hasil belajar siswa kelas X Program Keahlian Penjualan di SMK PGRI 2 Malang / Mohammad Faisol Anshori - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model problem based learning (PBL) pada mata diklat menata produk untuk meningkatkan partisipasi belajar dan hasil belajar siswa kelas X Program Keahlian Penjualan di SMK PGRI 2 Malang / Mohammad Faisol Anshori

Mohammad Faisol (2009) Penerapan pembelajaran kooperatif model problem based learning (PBL) pada mata diklat menata produk untuk meningkatkan partisipasi belajar dan hasil belajar siswa kelas X Program Keahlian Penjualan di SMK PGRI 2 Malang / Mohammad Faisol Anshori. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Masyarakat dan bangsa Indonesia perlu dipersiapkan memasuki millennium ketiga dengan tuntutan-tuntutan global. Kehidupan moral etos kerja kemampuan dan keterampilan yang masih rendah sedangkan kehidupan global menuntut penguasaan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pendidikan dalam rangka untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang baru tentunya mengalami berbagai hambatan dan tantangan. Tantangan-tantangan tersebut antara lain masalah kesatuan bangsa demokratisasi pendidikan desentralisasi manajemen pendidikan dan kualitas pendidikan. Selain itu terdapat tantangan global yaitu pendidikan yang kompetitif dan inovatif. Di dalam persaingan diperlukan kualitas individu yang dapat berkompetisi. Kemampuan berkompetisi tersebut dihasilkan oleh pendidikan yang kondusif dan efektif. Suatu sistem pendidikan dapat saja menghasilkan tenaga-tenaga pemikir yang berkembang tetapi apabila tidak inovatif maka kemampuan berpikirnya tidak akan mendapat makna di dalam kehidupan bersama. Nurhadi dkk (2004 1) mengatakan bahwa kemajuan suatu bangsa hanya dapat dicapai melalui penataan pendidikan yang baik. Upaya peningkatan mutu pendidikan itu diharapkan dapat menaikkan harkat dan martabat manusia Indonesia. Untuk mencapai itu pendidikan harus adaptif terhadap perubahan zaman . Pendidikan itu sendiri tidak terlepas dari peran serta guru. Sardiman (1990 123) mengemukakan bahwa guru adalah salah satu komponen manusiawi dalam proses belajar mengajar yang ikut berperan dalam usaha pembentukan sumber daya manusia yang potensial di bidang pembangunan . Oleh karena itu guru merupakan salah satu unsur di bidang kependidikan harus berperan serta secara aktif dan menempatkan posisinya sebagai tenaga profesional sesuai tuntutan masyarakat yang semakin berkembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Oct 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28281

Actions (login required)

View Item View Item