Analisis keberadaan warung kopi sebagai ruang belajar informal mahasiswa di kota malang (studi kasus pada pelanggan kopi jokotole) / Dwi Puspita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis keberadaan warung kopi sebagai ruang belajar informal mahasiswa di kota malang (studi kasus pada pelanggan kopi jokotole) / Dwi Puspita Sari

Sari, Dwi Puspita Sari (2023) Analisis keberadaan warung kopi sebagai ruang belajar informal mahasiswa di kota malang (studi kasus pada pelanggan kopi jokotole) / Dwi Puspita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan warung kopi di Kota Malang terbilang cukup cepat dimana warung kopi yang dulunya hanyalah sebatas aktivitas untuk mengisi waktu luang dan beristirahat para kaum adam kini berubah menjadi sebuah tempat yang tidak hanya sebatas mengisi waktu luang saja. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui untuk mengetahui kebiasaan serta kebutuhan mahasiswa yang menghabiskan waktu berada di warung kopi untuk mengetahui kecenderungan mahasiswa yang menyukai warung kopi sebagai ruang belajar informalnya dan untuk mengetahui pola penggunaan ruang publik kafe oleh mahasiswa di Kota Malang menggunakan metode wawancara terstrukutur. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dan jenis fenomenologi. Wawancara observasi dan dokumentasi merupakan cara peneliti dalam pengumpulan data yang diolah dengan metode analisis Miles dan Huberman. Penelitian ini dilakukan di Kedai Kopi Jokootole Malang dengan informan sebanyak 4 orang. Hasil penelitian ini menemukan bahwa Terdapat beberapa aktifitas yang dilakukan oleh mahasiswa tersebut seperti membersihkan kamar kost ada yang bekerja dan juga mencuci pakaian dan sebagainya. Hal yang mendasari para mahasiswa mengapa memilih coffeeshop sebagai tempat belajar dikarenakan ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan para mahasiswa seperti kenyamana adanya makanan dan minuman yang bisa kita pesan sarana untuk kenal dengan mahasiswa lain dan juga coffeeshop sangat memungkinkan untuk menampung orang banyak sehingga pembelajaran lebih bervariatif. Selaku pemilik lokasi bisnis sadar akan perubahan tempat usahanya yang Awalnya merupakan ruang public sekarang menjadi ruang pembelajaran non formal. Saran yang bisa peneliti berikan dalam penelitian ini adalah Untuk para para pelanggan diharapkan dengan adanya coffeeshop sebagai ruang public yang dapat menjadi ruang pembelajaran nonformal agar lebih memanfaatkan waktu dan tempat yang kosong sehingga hal ini juga membantu para mahasiswa dalam meningkatkan kualitas pembelajarannya dan Untuk pengelola bisnis coffeeshop diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan kualitas sarana prasaran yang ada untuk menunjang kegiatan pembelajaran non formal khususnya di ruang publik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/282807

Actions (login required)

View Item View Item