Interaksi mitra homeschooling dengan homeschoolers sebagai enterprise pendidikan informal / Nurmala Arfany Arista - Repositori Universitas Negeri Malang

Interaksi mitra homeschooling dengan homeschoolers sebagai enterprise pendidikan informal / Nurmala Arfany Arista

Arista, Nurmala Arfany Arista (2023) Interaksi mitra homeschooling dengan homeschoolers sebagai enterprise pendidikan informal / Nurmala Arfany Arista. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Proses interaksi mengacu pada saling bertukar informasi ide atau gagasan antara dua atau lebih individu atau kelompok. Dalam konteks homeschooling proses interaksi antara pihak homeschooling dengan orang tua peserta didik mencakup pertukaran informasi tentang perkembangan belajar anak strategi pengajaran yang efektif serta saran dan dukungan untuk membantu anak mencapai tujuan belajarnya. Penelitian ini memiliki tujuan (1) untuk mengetahui proses interaksi antara mitra homeschooling dengan homeschoolers (2) untuk mengetahui evaluasi proses interaksi antara mitra homeschooling dengan homeschoolers. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif melalui pengumpulan data dengan cara wawancara mendalam dan observasi. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini meliputi general manager mitra homeschooling yaitu tutor dan psikolog staff administrasi serta homeschoolers yaitu orang tua peserta didik. Dalam penelitian kualitatif peneliti dapat menggali pengalaman persepsi dan sudut pandang dari masing-masing subjek sehingga dapat memberikan pemahaman yang lebih komprehensif tentang proses interaksi tersebut. Penelitian dilakukan selama dua bulan dimulai pada bulan Januari 2023 sampai dengan bulan Maret 2023 dengan jumlah informan sebanyak 5 informan yang memenuhi kriteria. Berdasarkan penelitian yang dilakukan proses interaksi antara pihak homeschooling dan homeschoolers dapat dibagi menjadi tiga tahap yaitu pra pembelajaran masa pembelajaran dan pasca pembelajaran. Tujuan dari proses interaksi antara pihak homeschooling dengan orang tua peserta didik adalah untuk memastikan bahwa pendidikan yang diberikan kepada anak sesuai dengan kebutuhan dan tujuan belajar mereka. Melalui interaksi ini orang tua dapat memberikan umpan balik tentang kemajuan anak mereka dan memperoleh saran tentang cara terbaik untuk memfasilitasi pembelajaran di rumah. Saran yang diberikan peneliti yakni selalu membangun komunikasi yang terbuka dan jelas untuk memastikan setiap pihak tetap terlibat dan terinformasi tentang pembelajaran yang sedang dilakukan. Tetap menjaga kualitas interaksi yang baik untuk tetap memastikan tercapainya kebutuhan belajar anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/282804

Actions (login required)

View Item View Item