Proses pemberdayaan masyarakat dalam pembentukan Desa Tapen sebagai kampung youtuber / Firhad Hadiatma - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses pemberdayaan masyarakat dalam pembentukan Desa Tapen sebagai kampung youtuber / Firhad Hadiatma

Hadiatma, Firhad (2022) Proses pemberdayaan masyarakat dalam pembentukan Desa Tapen sebagai kampung youtuber / Firhad Hadiatma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Desa Tapen Kabupaten Bondowoso dikenal sebagai Kampung Youtuber. Disebut demikian karena banyak pemuda yang berprofesi sebagai pembuat konten-konten kreatif yang diunggah pada channel Youtube. Oleh karena itu desa tersebut dikenal sebagai Kampung Youtuber. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses-proses pemberdayaan masyarakat Desa Tapen sebagai Kampung Youtuber. Penelitian dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Penggalian data dilakukan dengan menggunakan wawancara mendalam dan observasi. Analaisis data dilakukan dengan analisis interaktif dengan tahapan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pembentukan Desa Tapen sebagai Kampung Youtuber terjadi pemberdayaan masyarakat yang didalamnya ada proses pendidikan informal yang dilakukan oleh agen perubahan. Hal yang dilakukan berupa peningkatan pengetahuan dan juga keterampilan (skill) para pemuda Kampung Youtuber. Tingkat keberhasilan dari proses pemberdayaan yang terjadi di Kampung Youtuber yaitu kompetensi atau kemampuan agen perubahan. Selain itu rasa empati agen perubahan yang tinggi juga berpengaruh karena hal ini mendukung tingkat keberhasilan pemberdayaan masyarakat dan sesuai dengan tujuan pemberdayaan yang dilakukan. Dengan adanya modal pengetahuan dan skill tersebut dapat meningkatnya intelektualitas para pemuda Kampung Youtuber dan secara otomatis maka akan meningkat juga kesejahteraan hidup mereka khususnya di bidang ekonomi. Agen perubahan disarankan untuk mengajak para pemuda yang sudah berkompeten untuk melakukan monitoring dan evaluasi bersama terhadap masyarakat lainnya yang belum paham dan baru memulai kegiatan produktifnya di dunia youtube. Kepala Desa Kampung Youtuber disarankan untuk menyediakan fasilitas ndash fasilitas yang digunakan dalam membuat konten video di youtube agar masyarakat yang giat belajar dan ingin memulai kegiatan produktifnya namun tidak mempunyai alat bisa terbantu dengan adanya fasilitas tersebut. Peneliti selanjutnya disarankan untuk mengembangkan dan lebih menspesifikkan penelitiannya mengingat hasil penelitian ini masih mempunyai kekurangan tertentu sehingga nantinya bisa menambah kajian pustaka yang ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2022 04:29
Last Modified: 04 Apr 2024 07:15
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/282796

Actions (login required)

View Item View Item