Pengaruh fasilitas pendidikan dan kesiapan belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMK Negeri 1 Malang / Rusdiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh fasilitas pendidikan dan kesiapan belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMK Negeri 1 Malang / Rusdiana

UNSPECIFIED (2010) Pengaruh fasilitas pendidikan dan kesiapan belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMK Negeri 1 Malang / Rusdiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Masalah peningkatan kualitas pendidikan merujuk pada peningkatan proses belajar mengajar (proses pembelajaran). Adanya peningkatan proses belajar mengajar siswa dapat mempersiapkan diri secara matang untuk menghadapi materi pelajaran yang akan disampaikan oleh guru sehingga dapat meningkatkan prestasi belajarnya. Faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa antara lain fasilitas pendidikan dan kesiapan belajar siswa. Proses belajar mengajar memerlukan fasilitas pendidikan atau sarana prasarana belajar yang memudahkan siswa dalam belajar sehingga dapat mencapai prestasi belajar yang optimal. Siswa yang kurang mempersiapkan diri dalam belajar atau menghadapi materi pelajaran yang disampaikan guru akan mempengaruhi prestasi belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas pendidikan dan kesiapan belajar siswa baik secara parsial maupun simultan terhadap prestasi belajar. Serta untuk mengetahui variabel bebas (fasilitas pendidikan kesiapan belajar) manakah yang memiliki pengaruh dominan terhadap variabel terikat (prestasi belajar). Penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa tahun ajaran 2008/2009 yang berjumlah 602 orang dan jumlah sampelnya 77 orang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan proportional random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket tertutup dengan menggunakan Skala Likert 5 alternatif jawaban. Pernyataan dan pertanyaan dijabarkan dalam angket sebanyak 33 item mewakili setiap sub variabel bebas (X) adalah fasilitas pendidikan kesiapan belajar yang kemudian disebarkan kepada siswa. Sedangkan variabel terikat (Y) adalah prestasi belajar siswa yang diperoleh dari rata-rata nilai raport. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif regresi linier berganda dengan uji asumsi klasik. Sedangkan untuk menguji kelayakan instrumen dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Keseluruhan analisis ini menggunakan bantuan program SPSS 15.0 for Windows. Adapun hasil analisis data dari penelitian ini adalah (1) 34 responden (44 16%) menyatakan setuju dengan fasilitas pendidikan yang ada (ruang belajar perpustakaan media pengajaran dan laboratorium) (2) 49 responden (63 64%) menyatakan setuju dengan kesiapan belajar yang ada (kesiapan diri kesiapan sarana) (3) 45 responden (58 44%) memperoleh nilai dengan kriteria baik. Terdapat pengaruh positif yang signifikan fasilitas pendidikan (X1) terhadap prestasi belajar (Y). Hal ini dibuktikan dengan signifikansi t (0 000) (0 05) dan thitung (6 249) ttabel (1 992). Hasil perhitungan Sumbangan Efektif fasilitas i pendidikan (X1) terhadap prestasi belajar (Y) siswa sebesar 36 26%. Terdapat pengaruh positif yang signifikan kesiapan belajar (X2) terhadap prestasi belajar (Y). Hal ini dibuktikan dengan signifikansi t (0 000) (0 05) dan thitung (4 627) ttabel (1 992). Hasil perhitungan Sumbangan Efektif kesiapan belajar (X2) terhadap prestasi belajar (Y) siswa sebesar 24 15%. Secara simultan terdapat pengaruh positif yang signifikan fasilitas pendidikan (X1) dan kesiapan belajar (X2) terhadap prestasi belajar (Y). Hal ini dibuktikan dengan Sig F (0 000) (0 05) dan Fhitung (56 614) Ftabel (3 120). Dari hasil analisis regresi juga diperoleh nilai R 0 778 ini menunjukkan bahwa korelasi atau hubungan antara variabel fasilitas pendidikan (X1) dan kesiapan belajar (X2) dengan prestasi belajar (Y) siswa adalah kuat. Nilai R Square menunjukkan koefisien determinasi sebesar 0 605 hal ini berarti bahwa 60 5% perubahan variabel Y disebabkan oleh perubahan variabel fasilitas pendidikan (X1) dan kesiapan belajar (X2) sedangkan sisanya 39 5% prestasi belajar (Y) siswa disebabkan oleh faktor lain di luar variabel bebas. Dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan yaitu (1) Sebagian besar siswa yang dijadikan responden menyatakan setuju mengenai item pertanyaan yang berhubungan dengan fasilitas pendidikan (ruang belajar perpustakaan media pengajaran dan laboratorium) (2) Sebagian besar siswa yang dijadikan responden menyatakan setuju mengenai item pertanyaan yang berhubungan dengan kesiapan belajar (kesiapan diri kesiapan sarana) (3) Sebagian besar siswa mempunyai prestasi belajar yang baik (4) fasilitas pendidikan berpengaruh positif secara signifikan terhadap prestasi belajar (5) kesiapan belajar berpengaruh positif secara signifikan terhadap prestasi belajar (6) fasilitas pendidikan dan kesiapan belajar berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar (7) fasilitas pendidikan memiliki pengaruh dominan terhadap prestasi belajar. Dalam penelitian ini penulis memberikan saran yaitu (1) Pihak sekolah sebaiknya mengambil kebijaksanaan yang berhubungan dengan pengadaan fasilitas pendidikan. Seperti menambah memperbaiki dan meningkatkan kualitas fasilitas pendidikan seperti ruang belajar perpustakaan media pengajaran dan laboratorium. Serta siswa juga menyarankan agar fasilitas-fasilitas yang ada di sekolah lebih ditingkatkan lagi misalnya kuantitas dan kualitas buku yang ada di perpustakaan. (2) Kesiapan belajar yang selama ini dimiliki oleh siswa harus didukung oleh peran serta sekolah maupun guru. (3) Sebaiknya siswa menerima kondisi fasilitas pendidikan yang ada di sekolah saat ini dan perlu untuk menjaga dan memanfaatkan secara optimal agar bisa dinikmati dan dirasakan manfaatnya secara bersama-sama. Sesuai hasil penelitian bahwa fasilitas pendidikan dan kesiapan belajar siswa bukanlah satu-satunya faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Oleh karena itu hendaknya pihak sekolah memperhatikan pula faktor-faktor lain yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Faktor-faktor tersebut adalah faktor intern (faktor jasmani psikologis dan kelelahan ) dan ekstern (faktor keluarga sekolah dan masyarakat).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Jan 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28279

Actions (login required)

View Item View Item