Pengaruh pendekatan pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran kewirausahaan (studi pada siswa kelas X Otomotif SMK PGRI 6 Malang) / Pujo Lasmono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pendekatan pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran kewirausahaan (studi pada siswa kelas X Otomotif SMK PGRI 6 Malang) / Pujo Lasmono

Pujo (2010) Pengaruh pendekatan pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran kewirausahaan (studi pada siswa kelas X Otomotif SMK PGRI 6 Malang) / Pujo Lasmono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan dapat dilakukan dalam lingkungan formal maupun non formal. Pendidikan dalam lingkungan sekolah lebih bersifat formal. Guru sebagai pendidik dan siswa sebagai peserta didik. Kegiatan ini berlangsung dalam suatu lembaga pendidikan yang bersifat formal. Setiap proses belajar-mengajar di kelas terdapat dua kegiatan yang saling berkaitan satu sama yang lain yaitu kegiatan pengajaran dan kegiatan pengelolaan kelas. Kegiatan pengajaran mencakup semua kegiatan yang secara langsung diarahkan pada pencapaian tujuan-tujuan pengajaran. Sedangkan kegiatan pengelolaan kelas ditujukan pada kegiatan yang menciptakan dan menjaga kondisi yang optimal bagi terselenggaranya proses belajar-mengajar. Fungsi pengelolaan kelas sangat mendasar sekali karena kegiatan guru dalam mengelola kelas meliputi kegiatan mengelola tingkah laku siswa di dalam kelas menciptakan iklim sosioemosional dan mengelola proses kelompok sehingga keberhasilan guru dalam menciptakan kondisi yang memungkinkan menandakan proses belajar-mengajar berlangsung secara efektif. Di samping itu ia harus dapat mempengaruhi siswa untuk belajar dan menerima stimulus dengan tanggapan yang positif yang akhirnya akan mempengaruhi prestasi belajar siswa . Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana pengaruh pendekatan pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini mempunyai dua variabel yaitu variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y). Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pendekatan pengelolaan kelas yang mempunyai sub variabel 1) pendekatan pengubahan tingkah laku 2) pendekatan penciptaan iklim sosioemosional dan 3) pendekatan proses kelompok sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar siswa kelas X Otomotif SMK PGRI 6 Malang pada mata pelajaran kewirausahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Otomotif SMK PGRI 6 Malang yang berjumlah 48 siswa. Peneliti menggunakan seluruh populasi untuk subjek penelitian sehingga peneliti tidak perlu menggunakan sampel penelitian. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda (multiple regression) dengan menggunakan bantuan program komputer SPSS for Windows seri 14.0. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1) pendekatan pengubahan tingkah laku berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa 2) pendekatan penciptaan iklim sosioemosional berpengaruh secara positif akan tetapi tidak signifikan terhadap prestasi belajar siswa 3) pendekatan proses kelompok berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa Saran ditujukan kepada SMK PGRI 6 Malang hendaknya melalui kepala sekolah perlu menetapkan pengelolaan kelas yang efektif sebagai kebijakan sekolah dan mewajibkan guru-gurunya melakukan pengelolaan kelas dengan baik. Kepala sekolah harus mengoptimalkan fungsi guru dalam mengkondisikan kelas dengan pendekatan pengubahan tingkah laku pendekatan penciptaan iklim sosioemosional dan pendekatan proses kelompok dengan mengoptimalkan gaya mengajarnya secara bervariasi. Selain itu saran ditujukan untuk peneliti yang tertarik untuk melanjutkan penelitian ini adalah untuk mencoba melakukan penelitian pada obyek yang lain (Sekolah SMK atau SMA yang lain) agar nanti hasilnya dapat dijadikan perbandingan bagaimana pengaruh pendekatan pengelolaan kelas disekolah tersebut dengan sekolah SMK PGRI 6 Malang. Selain itu penulis merekomendasikan pada peneliti selanjutnya untuk meneliti pengaruh variabel lain seperti lingkungan belajar pengaruh IQ dan EQ serta motivasi siswa terhadap prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28278

Actions (login required)

View Item View Item