UNSPECIFIED (2010) Perancangan media komunikasi visual sebagai sarana promosi wisata Water Park Sumber Udel Blitar / Budiono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Budiono. 2009. Perancangan Media Komunikasi Visual sebagai Sarana Media Promosi Wisata Water Park Sumber Udel Blitar. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Triyono Widodo M.Sn (II) Drs. Sarjono M.Sn. Kata Kunci Perancangan Media Komunikasi Visual Wisata Water Park Sumber Udel Blitar. Wisata Water Park Sumber Udel Blitar merupakan kerjasama antara pemerintah kota Blitar dengan Management Suncity yang berada dikota Sidoarjo. Dalam melaksanakan kegiatan publikasi pihak Water Park Sumber Udel Kurang memanfaatkan media-media komunikasi periklanan sebagai media penyebaran informasi kepada masyarakat sehingga informasi yang tersebar di masyarakat sangatlah minim. Hal tersebut berdampak kepada minimnya antusiasme masyarakat untuk mengunjungi Tempat wisata Water Park Sumber Udel. Perencanaan media komunikasi visual adalah salah satu solusi yang dapat digunakan dalam melaksanakan kegiatan publikasi tersebut. Akan tetapi setiap media dalam kondisi tertentu memiliki peranan dan fungsi yang berbeda maka perlu adanya perencanaan baik secara konseptual maupun visual dalam setiap perancangan media. Pokok permasalahan dalam perancangan ini adalah jenis media komunikasi visual apakah yang sesuai kebutuhan klien dan target audiens berkenaan dengan promosi Water Park Sumber Udel sebagai salah satu tempat wisata di kota Blitar dan bagaimanakah konsep desain komunikasi visualnya. Perancangan ini menggunakan metode prosedural yang bersifat deskriptif terhadap Water Park Sumber Udel. Metode pengumpulan data dilakukan melalui (1) wawancara (2) observasi (3) kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah SWOT (Strenght Weakness Opportunity Threat) dengan membandingkan data yang diperoleh melalui wawancara observasi dan hasil penyebaran kuisioner yang kemudian ditarik kesimpulan. Adapun fokus penelitian ini yaitu (1) konsep perancangan komunikasi visual (2) proses perancangan (3) bentuk perancangan media komunikasi visual. Penelitian ini dilaksanakan melalui beberapa tahapan yakni (1) tahap persiapan (2) tahap pelaksanaan (3) dan tahap penyusunan laporan penelitian. Water Park Sumber Udel Blitar adalah tempat wisata tirta yang memiliki wahana yang lengkap seperti kolam Olimpic Water River timba raksasa panggung hiburan dan Pujasera serta taman bermain indoor dan outdoor yang nyaman sehingga mampu bersaing dimasa yang akan datang. Kesimpulan penelitian ini adalah perancangan media promosi Water Park Sumber Udel Blitar sebagai media promosi dengan bentuk visualisasi yang sesuai dengan ciri khas warna ilustrasi fotografi tipografi serta media yang digunakan. Saran yang dapat diajukan yaitu untuk dapat meningkatkan dan kemudian mempertahankan citra positif dari Water Park Sumber Udel Blitar maka penggunaan perancangan media promosi merupakan suatu solusi yang tepat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Mar 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28277 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |