Pengaruh kepemimpinan instruksional dan spiritual oleh kepala madrasah terhadap kinerja mengajar guru di MTs Swasta se Kota Malang / Fatikhatul Veronica</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kepemimpinan instruksional dan spiritual oleh kepala madrasah terhadap kinerja mengajar guru di MTs Swasta se Kota Malang / Fatikhatul Veronica</p>

Veronica, Fatikhatul (2023) Pengaruh kepemimpinan instruksional dan spiritual oleh kepala madrasah terhadap kinerja mengajar guru di MTs Swasta se Kota Malang / Fatikhatul Veronica</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kinerja mengajar guru merupakan kemampuan dan upaya guru dalam melaksanakan tugas pembelajaran serta kemampuan menyusun rencana pembelajaran melaksanakan kegiatan pembelajaran dan mengevaluasi hasil belajar. Kepemimpinan instruksional adalah seorang pemimpin yang mampu mengembangkan lingkungan kerja yang produktif dan memuaskan bagi guru sehingga dapat menciptakan iklim atau kondisi pembelajaran dalam kelas yang meningkat. Kepemimpinan spiritual merupakan kepemimpinan yang berbasis pada etika religius dan kepemimpinan dalam nama Tuhan yaitu kepemimpinan yang terilhami oleh perilaku etis Tuhan dalam memimpin makhluk-makhluk-Nya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) tingkat penerapan kepemimpinan Instruksional (2) tingkat penerapan kepemimpinan spiritual (3) tingkat kinerja mengajar guru (4) pengaruh kepemimpinan instruksional terhadap penampilan mengajar guru (5) pengaruh kepemimpinan spiritual terhadap kinerja mengajar guru (6) pengaruh kepemimpinan instruksional dan kepemimpinan spiritual terhadap penampilan mengajar guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi yaitu seluruh guru MTs Swasta se-Kota Malang yang berjumlah 588 guru dan diambil sampel sebanyak 247 guru melalui perhitungan rumus slovin dengan teknik proportional random sampling. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data angket tertutup. Analisis data yang dilakukan yaitu uji prasyarat analisis yang terdiri atas uji normalitas uji linieritas uji analisis faktor serta uji hipotesis dengan regresi linear berganda karena jumlah variabel bebas lebih dari satu. Hasil penelitian menggambarkan (1) Tingkat penerapan kepemimpinan instruksional di MTs Swasta se-Kota Malang berada pada rentang nilai 80-86 kategori cukup baik (2) Tingkat kepemimpinan berbasis spiritual di MTs Swasta se-Kota Malang berada pada rentang nilai 39-43 kategori cukup baik (3) Kondisi kinerja mengajar guru berada pada rentang nilai 102-110 di MTs Swasta se-Kota Malang kategori cukup baik (4) Pada anova tabel dapat diketahui nilai F hitung 449 910 gt Ftabel 3 032 dengan tingkat signifikansi sebesar 0 000 lt 0 005. Sehingga H3 diterima dan dapat dinyatakan terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kepemimpinan instruksional (X1) dan kepemimpinan spiritual (X2) terhadap kinerja mengajar guru di MTs Swasta se Kota Malang secara simultan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Tingkat penerapan kepemimpinan instruksional di MTs Swasta se-Kota Malang menurut responden termaksud dalam kategori cukup baik (2) Tingkat penerapan kepemimpinan berbasis spiritual menurut responden termaksud dalam kategori cukup baik (3) Tingkat kinerja mengajar guru menurut responden termaksud dalam kategori cukup baik (4) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan instruksional terhadap kinerja mengajar guru (5) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan spirital terhadap kinerja mengajar guru (6) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan instruksional dan kepemimpinan spiritual secara simultan terhadap kinerja mengajar guru. Berdasarkan simpulan penelitian direkomendasikan (1) Bagi Kepala MTs Swasta se-Kota Malang untuk melakukan evaluasi mengenai kepemimpinan instruksional agar dapat mempertahankan serta meningkatkan penerapan kepemimpinan instruksional sehingga dapat meningkatkan kinerja mengajar guru guna mencapai pembelajaran yang berkualitas (2) Bagi guru MTs Swasta se-Kota Malang untuk ikut serta bekerja sama dalam penerapan kepemimpinan instruksional dan selalu mendukung dalam penerapan kepemimpinan spiritual agar dapat meningkatkan kinerja mengajar guru (3) Peneliti lain penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi bahwa kepemimpinan instruksional dan kepemimpinan spiritual memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kinerja mengajar guru. Berdasarkan variabel penelitian yang digunakan pada penelitian ini hanya menggunakan 3 (tiga) variabel saja untuk itu perlu adanya penelitian lebih lanjut dengan menambah variabel bebas sehingga dapat diketahui faktor lain yang juga mempengaruhi secara signifikan terhadap kinerja mengajar guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 May 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/282539

Actions (login required)

View Item View Item