Peningkatan mutu madrasah melalui penerapan program vokasi (studi kasus di Madrasah Aliyah Negeri Kota Mojokerto) / Nurul Mustabsyiroh</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan mutu madrasah melalui penerapan program vokasi (studi kasus di Madrasah Aliyah Negeri Kota Mojokerto) / Nurul Mustabsyiroh</p>

Mustabsyiroh, Nurul (2023) Peningkatan mutu madrasah melalui penerapan program vokasi (studi kasus di Madrasah Aliyah Negeri Kota Mojokerto) / Nurul Mustabsyiroh</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu kebijakan pendidikan yang saat ini diterapkan di lembaga pendidikan Islam adalah kebijakan doubletrack pendidikan vokasi dimana penyelenggaraannya masih tetap berorientasi dengan pendidikan Agama Islam namun menambahkan pembelajaran vokasi pada MAN Kota Mojokerto. Vokasi yang disediakan ada tiga yaitu multimedia tata rias kecantikan dan tata busana. Penambahan program vokasi ini untuk menjawab permasalahan mengenai output lulusan Madrasah yang belum memiliki skill dalam memasuki sektor industri terlebih lagi sebagian besar lulusan MAN Kota Mojokerto melanjutkan bekerja dibandingkan ke perguruan tinggi. Fokus dari riset ini adalah (1) Implementasi kebijakan vokasi dalam meningkatkan mutu madrasah di MAN Kota Mojokerto (2) Strategi mengimplementasikan program vokasi dalam meningkatkan mutu di MAN Kota Mojokerto (3) Indikator ketercapaian mutu madrasah melalui penerapan program vokasi di MAN Kota Mojokerto (4) Faktor pendukung peningkatan mutu madrasah melalui penerapan program vokasi di MAN Kota Mojokerto (5) Faktor penghambat peningkatan mutu madrasah melalui penerapan program vokasi di MAN Kota Mojokerto. Riset ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun informan utama sebagai kunci riset ini adalah Kepala Madrasah Koordinator Tim Vokasi dan Guru Vokasi di Madrasah Aliyah Negeri Kota Mojokerto. Lokasi riset ini berada di MAN Kota Mojokerto. Sumber data yang digunakan dalam riset ini ada dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang diambil dalam riset ini yaitu wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dalam riset ini dimulai dari mengumpulkan data reduksi data penyajian data dan menarik kesimpulan. Data dalam riset ini dilakukan pengecekan keabsahan data melalui uji kredibilitas diantaranya triangulasi sumber triangulasi teknik member check dan perpanjangan waktu pengamatan. Berikutnya uji transferability realibilitas dan obyektivitas. Hasil riset ini dapat diketahui (1) Implementasi kebijakan vokasi di MAN Kota Mojokerto dilatarbelakangi oleh sosialisasi dari Kementerian Agama (Kemenag) pertimbangan dari rapat guru yang mengacu terhadap Peraturan Menteri Agama PMA No 60 2015 Pertimbangan dari rapat guru kemudian mempertimbangkan 3 program kejuruan dan turun Surat Keputusan MAN Kota Mojokerto bertransformasi menjadi MA Plus Keterampilan. Pelaksanaan program vokasi di MAN Kota Mojokerto terdapat tahapan awal yaitu pemberian dana hibah kemudian menerapkan program vokasi dalam sebuah ekstrakulikuler kemudian menjadi intrakulikuler madrasah yang dilaksanakan secara wajib kepada peserta didik kelas X dan kelas XI departemen IPA IPS dan Agama. (2) Strategi mengimplementasikan program vokasi dalam peningkatan mutu MAN Kota Mojokerto dimulai dari pembentukan tim vokasi kolaborasi guru melaksanakan seleksi ketat calon guru vokasi melakukan peningkatan kompetensi guru dengan cara pendidikan dan pelatihan (diklat) workshop dan musyawarah guru mata pelajaran (MGMP). Kemudian melakukan kerjasama mitra (3) Indikator ketercapaian mutu melalui penerapan program vokasi di MAN Kota Mojokerto dapat dilihat dari meningkatnya eksistensi madrasah mulai dari peningkatan jumlah peserta didik baru penambahan rombongan belajar (rombel) dan meningkatnya daya saing MAN Kota Mojokerto hingga ke luar wilayah Mojokerto. Meningkatnya skill peserta didik dan teraihnya prestasi (4) Faktor pendukung peningkatan mutu madrasah melalui penerapan program vokasi di MAN Kota Mojokerto yaitu tingginya kolaborasi antar guru guru vokasi berkompeten dibidangnya antusiasme peserta didik dukungan wali murid dan komite dan menjalin kerja sama dengan mitra (5) Faktor penghambat peningkatan mutu madrasah melalui penerapan program vokasi di MAN Kota Mojokerto yaitu keterbatasan sarana dan prasarana dan naik turunnya semangat belajar dari peserta didik. Didasarkan dari hasil riset tersebut saran yang diberikan yaitu (1) Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kota Mojokerto yaitu melakukan monitoring terhadap lembaga yang mengimplementasikan program vokasi terlebih lagi memberikan solusi terhadap penanggulangan kendala di madrasah terkait (2) Kepala MAN Kota Mojokerto yaitu mengupayakan pemenuhan sarana prasarana guna kelancaran proses pembelajaran vokasi selain itu berupaya memastikan bahwa lulusan MAN Kota Mojokerto seluruhnya terserap di sektor industri bereputasi baik (3) Guru dan Tenaga Administrasi MAN Kota Mojokerto yaitu sebagai acuan dalam mengoptimalkan pembelajaran vokasi mengupayakan peningkatan kompetensi guru mengoptimalkan pemberian pembelajaran vokasi (4) Peserta didik MAN Kota Mojokerto yaitu sebagai motivasi dan acuan untuk meningkatkan semangat dalam melaksanakan pembelajaran program vokasi agar dapat mendapatkan kompetensi unggul dalam mempersiapkan persaingan di dunia kerja (5) Peneliti lain yaitu melanjutkan atau mengembangkan dengan mengangkat fokus penelitian yang belum dijelaskan oleh peneliti yaitu mengenai evaluasi program vokasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/282531

Actions (login required)

View Item View Item