Kepemimpinan visioner kepala sekolah untuk meningkatkan prestasi siswa dalam bidang non akademik di smp \'aisyiyah muhammadiyah 3 malang / Amalia Salsabilah - Repositori Universitas Negeri Malang

Kepemimpinan visioner kepala sekolah untuk meningkatkan prestasi siswa dalam bidang non akademik di smp \'aisyiyah muhammadiyah 3 malang / Amalia Salsabilah

Salsabilah, Amalia Salsabilah (2023) Kepemimpinan visioner kepala sekolah untuk meningkatkan prestasi siswa dalam bidang non akademik di smp \'aisyiyah muhammadiyah 3 malang / Amalia Salsabilah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kepemimpinan visioner merupakan kemampuan seorang pemimpin dalam merumuskan visi dan misi yang dimana nantinya hal itu dapat digunakan dalam jangka panjang dan kedepannya dapat digunakan sebagai acuan dalam mencapai tujuan suatu organisasi. Kepemimpinan visioner terbentuk agar dapat membawa kemajuan tuntutan zaman dengan mempersiapkan kebutuhan masa depan yang dimulai dari sekarang. Maka dari itu seorang pemimpin visioner harus dapat memanfaatkan segala potensi yang ada dan memanfaatkan peluang yang terjadi di masa depan sehingga nantinya muncul ide-ide yang membawa kemajuan suatu organisasi sehingga dapat bersaing dengan kompetitor yang lain. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui (1) gaya kepemimpinan visioner kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi peserta didik bidang non akademik di SMP lsquo Aisyiyah Muhammadiyah 3 Malang (2) strategi kepemimpinan visioner kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi peserta didik bidang non akademik di SMP lsquo Aisyiyah Muhammadiyah 3 Malang dan (3) faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi dan solusi yang diambil kepala sekolah terkait kepemimpinan visioner dalam peningkatan prestasi peserta didik bidang non akademik di SMP lsquo Aisyiyah Muhammadiyah 3 Malang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan menggunakan pendekatan secara kualitatif deskriptif. Peneliti memilih studi kasus dikarenakan subjek penelitian yaitu SMP lsquo Aisyiyah Muhammadiyah 3 Malang mempunyai prestasi yang berkembang pesat selama beberapa tahun terakhir dengan menggunakan kepemimpinan visioner yang kepala sekolah terapkan. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu (1) pengamatan (2) wawancara (3) dokumentasi dan (4) observasi. Berdasarkan hasil temuan dan pembahasan dapat diketahui (1) gaya kepemimpinan visioner kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi peserta didik bidang non akademik di SMP lsquo Aisyiyah Muhammadiyah 3 Malang dapat ditunjukkan dari peran kepala sekolah sebagai pemimpin sebagai penggerak menetapkan visi sekolah secara struktural meningkatkan IMTAQ dan IPTEK dan memegang penuh tanggung jawab seluruh kegiatan di sekolah (2) strategi kepemimpinan visioner kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi peserta didik bidang non akademik di SMP lsquo Aisyiyah Muhammadiyah 3 Malang yaitu dengan (a) menetapkan visi dan misi (b) setiap kegiatan selalu dilandasi dengan aspek religius dan (c) mengembangkan bakat dan minat seluruh peserta didik dan (3) faktor pendukung dan faktor penghambat yang dihadapi dan solusi yang diambil kepala sekolah sebagai pemimpin visioner dari pihak internal yaitu faktor jasmaniah atau fisik peserta didik dan faktor psikologis yaitu kemampuan minat dan bakat peserta didik. Sedangkan dari pihak eksternal yaitu faktor keluarga faktor sekolah dan faktor masyarakat. Sedangkan faktor penghambat berasal dari faktor eksternal yaitu faktor sekolah dikarenakan kurangnya fasilitas sekolah yang kurang memadai. Berdasarkan hasil penelitian ini maka saran dalam penelitian ini yaitu (1) bagi kepala SMP lsquo Aisyiyah Muhammadiyah 3 Malang agar dapat mempertahankan mengembangkan dan melakukan pengembangan visi sesuai dengan kemajuan zaman. Seperti dalam bidang IPTEK dengan memanfaatkan teknologi yang dimana dapat mengaitkan dengan IT. (2) bagi guru dan pembina ekstrakurikuler SMP lsquo Aisyiyah Muhammadiyah 3 Malang agar selalu turut serta berpartisipasi terutama dalam mewujudkan visi dan tujuan sekolah agar nantinya menjadi acuan dan dapat menjadi contoh teladan bagi peserta didik. (3) bagi peserta didik SMP lsquo Aisyiyah Muhammadiyah 3 Malang agar menjalankan kegiatan non akademik ini secara optimal seperti mengikuti kegiatan ekstrakurikuler wajib yang telah diadakan oleh sekolah dan disertai dengan kegiatan ekstrakurikuler pilihan (4) bagi ketua Departemen Administrasi Pendidkan Fakultas Ilmu Pendidikan agar hasil penelitian ini dapat menambah pengetahuan dan menambah jumlah referensi jurusan terkait kepemimpinan visioner kepala sekolah sehingga dapat digunakan untuk mendukung dan meningkatkan kualitas pendidikan. (5) bagi peneliti lain agar dapat menjadi referensi dan acuan serta dapat memberikan gambaran terkait dengan kepempimpinan visioner kepala sekolah apabila akan melakukan penelitian yang sejenis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jun 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/282529

Actions (login required)

View Item View Item