Kejenuhan peserta didik dalam perpindahan pembelajaran luring ke daring dan upaya guru dalam mencegah serta mengatasinya (studi kasus di sma negeri 10 malang) / Bagas Alif Novaldo - Repositori Universitas Negeri Malang

Kejenuhan peserta didik dalam perpindahan pembelajaran luring ke daring dan upaya guru dalam mencegah serta mengatasinya (studi kasus di sma negeri 10 malang) / Bagas Alif Novaldo

Novaldo, Bagas Alif Novaldo (2023) Kejenuhan peserta didik dalam perpindahan pembelajaran luring ke daring dan upaya guru dalam mencegah serta mengatasinya (studi kasus di sma negeri 10 malang) / Bagas Alif Novaldo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian di SMA Negeri 10 Malang yaitu menganalisis 1) kegiatan pembelajaran daring dan luring 2) penyebab kejenuhan yang dialami peserta didik dalam perpindahan pembelajaran luring ke daring 3) proses terjadinya kejenuhan yang dialami peserta didik selama pembelajaran daring 4) bentuk kejenuhan yang dialami peserta didik selama pembelajaran daring 5) upaya guru dalam mencegah kejenuhan yang dialami peserta didik selama pembelajaran daring 6) upaya guru dalam mengatasi kejenuhan yang dialami peserta didik selama pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan dengan kegiatan wawancara observasi dan dokumentasi yang kemudian dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif. Pembelajaran luring sementara diberhentikan hingga waktu yang belum ditentukan dan digantikan oleh pembelajaran daring yang dimulai pada bulan maret tahun 2020 setelah pemerintah Indonesia mengeluarkan Surat Edaran tentang peraturan pembelajaran. Kejenuhan peserta didik pada pembelajaran daring diakibatkan belum terbiasa menggunakan metode pembelajaran daring. Metode pembelajaran yang monoton juga berdampak kepada peserta didik yang menjadi jenuh dengan pembelajaran yang terus berulang. Akibatnya peserta didik mematikan kamera serta audio dan meninggalkan pembelajaran. Hal yang dilakukan guru sebelum terjadinya kejenuhan tersebut bisa dengan memperdekat komunikasi serta memberikan permainan ditengah pembelajaran. Mengupayakan menit awal pembelajaran dengan terus memberikan metode pembelajaran yang berbeda diyakini bisa mengatasi kejenuhan belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Apr 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/282526

Actions (login required)

View Item View Item