Andini, Ike Wahyu (2023) Pengembangan multimedia interaktif berbasis microsoft sway untuk meningkatkan pemahaman konsep materi jaringan tumbuhan / Ike Wahyu Andini</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Salah satu bidang keilmuan yang terus mengalami perkembangan dan kemajuan adalah pembelajaran IPA. Namun dalam pembelajaran IPA terutama pada materi jaringan tumbuhan diperlukan media yang dapat membantu siswa untuk mengamati bagian-bagian jaringan tumbuhan yang tidak dapat dilihat secara langsung dan terkadang menyebabkan siswa kurang memahami konsep-konsep materi yang kompleks dan abstrak karena kurangnya visualisasi. Pemahaman konsep yang rendah di kalangan siswa akibatnya akan mempengaruhi perolehan hasil belajar siswa. Oleh karena itu untuk membantu siswa lebih memahami konsep dan memberikan visualisasi terkait jaringan tumbuhan dengan lebih hidup diperlukan sebuah inovasi pada pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif berbasis Microsoft Sway yang layak dan mampu meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi jaringan tumbuhan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Lee amp Owens dengan metode research and development (R amp D). Hasil dari uji validitas ahli dinyatakan layak dan valid dengan hasil perolehan sebesar 93% dari ahli materi dan 99% dari ahli media. Dalam uji validitas skala kecil diperoleh hasil sebesar 97% dan uji validitas skala besar sebesar 87%. Hasil perolehan gain antara nilai pre-test dengan post-test sebesar 0 68 dan termasuk pada kategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa multimedia interaktif berbasis Microsoft Sway layak dan mampu untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Apr 2023 04:29 |
Last Modified: | 27 Sep 2024 08:45 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/282265 |
Actions (login required)
View Item |