Muthi'ah, Irbah Nur (2023) Pengembangan motion graphic untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem sewa tanah / Irbah Nur Muthi\'ah</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Sistem Sewa Tanah merupakan salah satu pokok bahasan pada pelajaran IPS yang membahas mengenai peristiwa pada masa penjajahan. Pada proses pembelajaran siswa kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan karena kurangnya visualisasi kronologi peristiwa. Hal tersebut mempengaruhi pemahaman siswa dan rendahnya perolehan hasil belajar kognitif siswa. Untuk memberikan kemudahan dan kepraktisan siswa dalam memahami materi serta meningkatkan hasil belajar dibutuhkan media pembelajaran berupa motion graphic pada materi Sistem Sewa Tanah. Pengembangan motion graphic bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran yang layak dimanfaatkan untuk mengatasi keterbatasan pembelajaran IPS sehingga dapat efektif meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi Sistem Sewa Tanah. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Sadiman. Pengembangan motion graphic ditetapkan sebagai media pembelajaran yang valid dan layak dimanfaatkan pada pembelajaran berdasarkan perolehan hasil uji kelayakan oleh ahli materi dan ahli media serta melalui uji coba siswa melalui 3 tahap yaitu tahap individu kelompok kecil dan lapangan. Selanjutnya pada evaluasi siswa melalui hasil belajar kognitif yang diperoleh dari pre-test dan post-test mendapatkan persentase sebesar 82% menggunakan uji N-Gain dan termasuk pada kategori efektif. Berdasarkan pada hasil penelitian dapat disimpulkan media motion graphic dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran yang layak dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem sewa tanah di kelas VIII MTS Attaraqqie Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 May 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/282255 |
Actions (login required)
View Item |