Tantangan Merdeka Belajar dalam Perspektif Guru Sekolah Dasar - Repositori Universitas Negeri Malang

Tantangan Merdeka Belajar dalam Perspektif Guru Sekolah Dasar

Adji, Fariz Septian Satrio (2023) Tantangan Merdeka Belajar dalam Perspektif Guru Sekolah Dasar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini menunjukkan hambatan dan tantangan dalam penerapan merdeka belajar berdasarkan persepsi guru di salah satu sekolah dasar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendapat gambaran penerapan kurikulum merdeka belajar dan tantangannya ditinjau dari sudut pandang guru sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitiannya yaitu empat guru kelas 1 dan 4 serta kepala sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Temuan yang didapatkan dari penelitian menunjukkan bahwa sekolah sudah menerapkan kurikulum merdeka sejak tahun ajaran 2022/2023 khusus untuk kelas 1 dan 4. Guru di sekolah dasar telah mendapat pelatihan dari dinas setempat dan guru penggerak. Masalah yang timbul yaitu guru memiliki keterbatasan waktu dan perlu beradaptasi dengan cepat terhadap kurikulum merdeka ini karena minimnya pelatihan awal yang didapat. Agar tetap diimplementasikan dengan baik strategi nya yaitu memberikan treatment dan mengelompokkan siswa berdasarkan kemampuannya. Guru juga banyak memanfaatkan project based learning yang didukung dengan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila). Tema yang diangkat disinkronkan dengan karakteristik sekolah yaitu seputar lingkungan dan kesehatan. Dengan ini diharapkan siswa mempunyai kepribadian sesuai enam dimensi P5.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Apr 2023 04:29
Last Modified: 11 Oct 2023 02:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/282229

Actions (login required)

View Item View Item